Khasiat Daun Angsana untuk Anak dan Orang Tua

No Comments
Khasiat Daun Angsana untuk Anak dan Orang Tua. Angsana sering disebut juga sonokembang dalam istilah bahasa Jawa. Tetapi kalau menurut bahasa biologinya angsana ini dikenal dengan nama (pterocarpus indicus willd). Pohon angsana ini diketahui merupakan pohon obat asli dari Indonesia. Banyak sekali manfaat daun angsana ini untuk kesehatan.

Daun Angsana sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, baik untuk orang tua ataupun anak-anak. misalnya, kencing manis, bisul, luka bakar, dan sariawan. Biasanya pohon Angsana ini sering ditanam sebagai pagar hidup dan pohon pelindung di sepanjang tepi kebun. Karena mampu membantu memperbaiki kesuburan tanah.


Manfaat Daun Angsana untuk Anak dan Orang Tua:
    Khasiat Daun Angsana
  • Untuk mengobati Sariawan dan Sakit Gigi. Diperlukan bahan diantaranya: Kulit kayu Angsana 4 gram; Daun Saga segar  4 gram; Daun Sirih segar 3 helai; Air 115 ml.Cara membuat : Dibuat infus atau diseduh. Bila diperlukan tambahkan 10 gram gips pada beningan, didiamkan beberapa saat, lalu disaring dan diambil bagian beningnya.Cara menggunakan : Untuk kumur, tiap 3 jam sekali, tiap kali pakai 50 ml, bila perlu dapat diencerkan dengan air. 
  • Membantu Mengatasi Penyakit Diabetes Mellitus atau Kencing Manis. Khasiat daun angsana ini sudah terbukti. Dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa daun angsana mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin masih kesulitan dalam mengontrol kadar gula dalam darah, tidak salah bukan, jika mencoba dengan pengobatan alami dengan daun angsana. Anda dapat merebus daun angsana sebanyak 5/6 lembar lalu diminum sari rebusan tersebut. Lakukan dengan rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  • Khasiat Daun Angsana untuk Mengobati Bisul. Penyakit bisul ini sering kali terjadi pada anak, bahkan juga pada orang tua. Cara mengambil khasiat daun angsana ini dapat anda lakukan dengan menumbuk halus daun angsana kemudian anda tempelkan pada bagian yang bisul. Tetapi, sebelum anda menempelkan tumbukan daun angsana sebaiknya bersihkan terlebih terlebih dahulu bisul dengan alkohol. Ganti setiap tiga jam dengan tumbukan daun angsana yang baru.
  • Mengatasi Daun Angsana untuk Luka Bakar. Daun angsana juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar. Jika anak anda atau anda sendiri sebagai orang tua mengalami luka karena terbakar, anda bisa menggunakan daun angsana ini sebagai obatnya. Hal ini disebabkan daun angsana mempunyai kandungan flavonoid dalam daun angsana yang mampu membantu meredakan nyeri yang ditimbulkan dari luka bakar tersebut. Cara mengambil khasiat daun angsana ini dapat dilakukan dengan cara menumbuk daun angsana tersebut sampai halus, setelah itu anda tempelkan pada bagian luka bakar tersebut.

Demikianlah tips sehat kali ini, mengenai manfaat dan khasiat Daun Angsana untuk Anak dan Orang Tua. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan para orang tua mengenai manfaat dari salah satu tumbuhan yang ada disekeliling kita tersebut. Dalam hai ini yaitu khasiat serta manfaat dari daun angsana.