Marhaban Ya Syahru Ramadhan

No Comments
Marhaban Ya Syahru Ramadhan. Cara mendidik anak di bulan suci Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan penuh rahmat. Pada bulan suci ini merupakan moment yang paling berharga dan sangat penting untuk mengajarkan dan mendidik anak-anak kita supaya menjadi anak yang patuh, taat, dan hormat kepada Agama, Negara, Orang Tua dan kepada orang lain.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, sebagai orang tua tentunya merupakan waktu dan kesempatan yang sangat tepat untuk memberikan contoh supaya menjadi tauladan untuk anak-anak kita. Karena anak-anak selalu akan lebih bersikap dengan cara mencontoh dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mendidik anak bersikap sopan dan santun, serta berakhlaq mulia, tentunya harus dimulai dari para orang tuanya sendiri untuk memberikan contoh yang baik dan terpuji.

Sikap dan cara memberikan contoh yang baik ini, tentu akan sangat berpengaruh sekali terhadap psikologis dan watak anak. Mereka menjadi baik dengan cara meniru yang baik. Bukan melakukan suatu kebaikan hanya karena terpaksa yang disebabkan oleh rasa takut dimarahi ataupun takut dihukum.

Marhaban Ya Syahru Ramadhan
Anak itu ibarat kertas putih yang masih kosong. Bisa ditulisi apa saja tergantung apa yang mau ditulis pada kertas itu. Kurang relevan rasanya, apabila disatu sisi kita sebagai orang tua menginginkan anak menjadi seorang yang cerdas, berpendidikan dan berakhlaq terpuji, akan tetapi di satu sisi didepan anak-anak kita sering bertengkar dengan bahasa yang kasar dan tidak pantas untuk didengar dan disaksikan oleh mereka.

Nah, di bulan suci Ramadhan yang penuh dengan segala rahmat ini, merupakan kesempatan yang sangat baik sekali untuk kita mengajak anak-anak melakukan kegiatan sosial, mengajarkan mereka mau menolong dan membantu orang lain yang membutuhkan. Mengajarkan anak untuk belajar menyadari pentingnya mempunyai banyak sahabat. Juga mengajarkan kepada mereka untuk berderma dan saling mengasihi satu sama lain.

Semoga saja di bulan suci ini, kita semua diberikan kekuatan lahir dan batin untuk belajar lebih sabar serta lebih ikhlas dalam menjalani kehidupan ini. Sejak kecil anak harus diajarkan bagaimana belajar sabar, harus diajarkan supaya mereka mengetahui bahwa didalam hidup ini mereka membutuhkan orang lain, supaya dari kecil anak terbiasa dengan sikap saling membantu dengan sesama temannya. Itulah yang ingin saya sampaikan pada kesempatan di awal bula suci Ramadhan ini. Semoga bermanfaat, dan semoga kita semua diberikan kemudahan untuk menghadapi hari esok.