Cara Mengatasi Anak Sulit Makan Saat Sakit

No Comments
Cara Mengatasi Anak Sulit Makan Saat Sakit. Saat Anak sedang sakit tentu membutuhkan asupan  nutrisi yang banyak agar dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sakitnya. Tetapi masalahnya, ketika anak sedang sakit kebanyakan dari mereka sulit makan. Untuk itu maka diperlukan kiat khusus supaya anak balita mau makan makanan yang diberikan.

Banyak sekali berbagai penyakit yang bisa menyerang anak balita. Pada umumnya anak seringkali mengalami gangguan seperti demam, influenza, batuk, infeksi, serta gangguan pada pencernaan seperti diare. Beragam penyakit tersebut dapat diakibatkan oleh bakteri, virus juga jamur. Selain diberikan pengobatan medis, anak yang sedang dalam kondisi sakit membutuhkan asupan gizi yang cukup supaya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Sebab dengan memberikan asupan nutrisi yang baik, diharapkan anak cepat sembuh dari penyakit yang di deritanya itu dan sehingga daya tahan tubuh anak semakin meningkat.

Ketika anak dalam kondisi sehat, mereka juga kadang susah makan, apalagi dikala anak sedang sakit. Sebagai orangtua hal wajar bila anda merasa cemas juga takut apabila anak tidak kunjung sembuh dari sakitnya sebab asupan makanan dan nutrisi berkurang sebab mereka sulit makan. Namun tentunya jangan putus asa, berikut ini ada beberapa tips dan kiat khusus supaya anak balita mau makan pada saat sakit.


1. Makanan Anak Harus Bergizi
Cara Mengatasi Anak Sulit Makan Saat SakitFaktor usia pada anak merupakan masa pertumbuhan, untuk itu dibutuhkan nutrisi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air. Dengan memberikannya makanan yang mengandung gizi lengkap, tentunya proses pertumbuhan anak dapat berjalan baik serta daya tahan tubuh anak juga dapat meningkat sehingga mereka cukup kebal dari serangan penyakit. Ketika anak sakit, asupan nutrisi untuk mereka harus diperhatikan. Berikan makanan yang mengandung gizi lengkap juga porsi yang cukup.

2. Memberikan Porsi Kecil
Pada saatr anak sakit, seperti sakit flu yang disertai dengan demam atau batuk, mulut anak biasanya terasa kering sehingga pada saat makan, tentunya makananpun menjadi terasa pahit. Karena itu selera makan mereka juga pasti berkurang. Untuk itu berikan anak makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Hindari memaksa anak makan dalam jumlah yang banyak ketika mereka sulit makan. Sebab memaksa anak makan hal tersebut justru akan membuat anak semakin tidak mau makan.

3. Ciptakan Suasana Menyenangkan
Pada saat waktunya memberi anak makan, ciptakan suasana yang menyenangkan buat anak, misalnya saja memberinya makan sambil melihat film kartun kesukaan atau sambil diberikan mainan kesukaanya. Karena dengan suasana menyenangkan tersebut anak biasanya lebih mudah diberikan makanan.

4. Berikan Jenis Makanan Kesukaan

Anak balita sangat menyukai makanan rasa manis. Pancing selera makan anak dengan cara memberikan makanan kesukaan itu. Kalu anak terlihat senang biasanya mereka mau makan. Sebaiknya berikan makanan yang lebih berat juga bergizi. Misalnya nasi tim hati sapi, bubur ayam atau nasi dengan lauk yang disukai anak. Usahakan menu masakan yang dibuat merupakan masakan kesukaan anak, untuk menumbuhkan agar selera makannya meningkat.

5. Buat Makanan Bertekstur Lunak
Pada anak yang sakit bisanya sulit makan. Cobalah memberinya makanan yang bertekstur lunak, misalnya saja puding buah, cream soup tomat, makaroni panggang atau makanan lain seperti  pure kentang dengan campuran susu serta daging cincang. Makanan bertekstur lunak lebih mudah ditelan serta dicerna oleh anak yang sedang sakit.

6. Hindari Makanan Berbumbu Tajam atau Berlemak
Untuk anak yang sakit, misalnya mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mual, atau muntah ada baiknya diberikan makanan yang tidak berbumbu tajam, seperti cabe, lada, juga asam. Hindari juga memberikan makanan yang mengandung banyak berlemak. Karena makanan berlemak dapat meningkatkan asam lambung serta merangsang rasa mual dan bisa berakibat anak muntah.

7. Berikan Makanan Yang Hangat
Memberi anak makanan hangat seperti sup ayam, cream soup jamur, sup tomat atau sup jagung manis  sangat ocok diberikan sewaktu anak sakit. Sebab selain memiliki gizi yang padat, makanan hangat tersebut juga memiliki aneka rasa yang beraroma lezat dan tentunya dapat mengundang selera makan anak.

8. Mencukupi Kebutuhan Cairan
Kondisi anak yang sakit yang disertai demam juga berkeringat. Biasanya kekurangan cairan, untuk itu memberinya cairan sangat penting, berikan air putih, susu, sup, atau jus sari buah. Dengan memberikan minuman atau makanan yang mengandung banyak cairan tubuh anak dapat terhindar dari dehidrasi. Selain itu makanan cair sangat mudah dicerna dan nutrisinya lebih cepat diserap tubuh.

9. Penting Memberi Anak Minuman Susu
Asupan minuman seperti susu penting sekali diberikan bagi anak yang sakit. Sebab gizi yang terkandung di dalam susu sangat lengkap dan mudah dicerna serta mampu menutupi kekurangan zat gizi akibat selera makan anak yang menurun selama sakit yang menyebabkan anak susah makan. Sebaiknya usahakan memberi anak susu yang memiliki rasa paling disukai anak, sehingga menggugah selera makan anak dan membuatnya lebih mudah makan.

10. Perhatikan Jadwal Minum Obat
Sebagai orang tua tentunya anda harus lebih cermat bila perlu tanyakan kepada dokter mengenai jenis obat yang akan diberikan untuk anak yang sakit. Biasanya obat ada yang diberikan sebelum makan atau setelah makan. Untuk itu perhatikanlah jadwal resep pemberian obat tersebut sesuai anjuran dokter. Sebab kesalahan waktu memberikan obat ini bisa mengakibatkan ganguan pada kesehatan anak, misalnya saja iritasi lambung, bahkan bisa menghambat proses penyerapan nutrisi makanan serta dapat mengurangi efektivitas kerja obat tersebut.

Itulah beberapa tips dan cara bagaimana mengatasi anak susah makan saat sakit. Sebaiknya orang tua terutama para ibu muda, penting sekali bagi anda sebagai orang tua untuk mengetahui berbagai tips sehat anak. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanpaat bagi pembaca juga bagi penulis dan keluarga.