Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

Cara mendidik anak agar patuh dan selalu taat kepada orang tua. Kepatuhan Anak kepada orang tua maupun kepada setiap aturan tidak harus selalu dibentuk menggunakan cara kekerasan dan hukuman. Sikap patuh seorang anak terbentuk dan dapat dimunculkan justru oleh kesadaran dari dalam diri anak. Sebagai orangtua sebaiknya mampu lebih bijaksana dalam mendidik agar anak patuh, dengan pola, cara, serta metode yang membua anak dapat lebih menyadari bahwa kepatuhan kepada orang tua dan aturan di masyarakat merupakan sebuah nilai yang positif bagi dirinya.

Untuk mewujudkan keinginan agar anak patuh memang bukan suatu pekerjaan yang mudah. Waktu tenaga, perhatian, serta proses jelas harus kita lewati. Sebuah kesabaran dari para orangtua sangat dibutuhkan begitu juga dengan berusaha keras secara ekstra. Jadi sebetulnya tidak ada yang tidak mungkin, apabila diniatkan dengan baik dan dikerjakan dengan cara yang tepat. Dengan begitu orangtua tidak perlu lagi harus mendidik anak selalu harus dengan cara kekerasan ataupun dengan cara menghukum mereka.

5 Cara Untuk Mendidik Anak Agar Lebih Patuh

    cara-mendidik-anak-agar-patuh
  1. Konsisten. Salah satu cara melatih kepatuhan atau sikap disiplin pada anak yaitu dengan  cara yang konsisten di dalam menentukan atau membuat peraturan. Misalnya saja jika hari ini Anda melarang anak bermain di jalanan, maka untuk hari berikutnya peraturan tersebut harus tetap bisa dijalankan.
  2. Bersikap Lembut Penuh Kasih Sayang. Pada dasarnya setiap Anak hampir tidak mampu merespon dengan baik tentang keinginan kita, apabila cara orangtua dalam menghadapi mereka dilakukan dengan nada seperti membentak, marah dan beringas. Sikap tegas dalam mendidik tidakselalu harus dengan bersikap kasar ataupun terlalu keras. Anda bisa melakukannya dengan sikap yang lebih lembut dan penuh rasa sayang. Belajarlah untuk mengerti perasaan anak dan beritahukan dengan menekankan kepada anak bahwa mereka harus bisa belajar disiplin serta patuh kepada setiap peraturan atau arahan yang anda berikan.
  3. Berikan Contoh Sikap Baik. Cara ini merupakan sikap paling bijaksana dan efektip yang mampu mendidik agar anak lebih patuh. Dengan memberi contoh sikap atau perbuatan kita yang baik kepada anak secara tidak langsung mengajari mereka apa yang seharusnya dilakukan. Sikap sebaliknya dengan memberikan contoh yang tidak baik, justru hanya akan membuat anak menganggap orangtua bersikap tidak adil.
  4. Berikan Anak Pujian. Tidak perlu merasa sungkan untuk memberikan sebuah pujian kepada anak seperti dengan cara membesarkan hati mereka setiap kali anak melakukan hal positif seperti yang diinginkan orangtua. Cara demikian mampu membuat perasaan anak merasa lebih dihargai atas tindakan serta usaha baik yang dikerjakannya.
  5. Berikan Penjelasan Tujuan Sikap Anda Kepada Anak. Berilah anak penjelasan mengenai apa maksud serta tujuan baik yang Anda lakukan, misalnya soal menetapkan aturan disiplin kepada anak, dengan begitu anak akan dapat mengerti apa alasan mereka harus mematuhi peraturan disiplin yang diterapkan oleh orangtuanya.

Demikian beberapa tips atau cara untuk mendidik anak agar mereka mampu belajar untuk selalu patuh dan taat kepada orangtua maupun peraturan disiplin yang diterapkan. Semua usaha tersebut selalu dapat diwujudkan, apabila para orangtua sendiri mampu memberikan contoh dan sikap baik yang nantinya akan menjadi tauladan bagi anak. Semoga saja tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi pembaca, khususnya untuk penulis dan keluarga.