Cara Mengatasi Anak Yang Sakit Demam

Cara mengatasi anak yang sakit demam. Jika anak anda sedang demam usahakan selalu kompres menggunakan air hangat. Sebab selain anak harus istirahat, kompres merupakan cara yang dapat membantu meringankan rasa panas yang diderita oleh anak yang sedang demam tinggi. Untuk melakukan kompres pada anak demam ada tiga cara yaitu kompres menggunakan air hangat, air dingin, dan juga kompres dengan menggunakan air es.

Dalam hal ini anda harus perhatikan betul sebab banyak kesalahan yang sering dilakukan pada saat anda melakukan kompres pada anak yang sedang demam. Ketiga jenis kompres yang digunakan dalam menolong meringankan demam tersebut harus tepat, sebab tergantung pada kondisi tubuh anak, karena pada setiap demam yang di alami anak kondisinya berbeda. Kesalahan dalam mengompres justru malah akan menimbulkan kondisi yang lebih buruk.


Cara Kompres Yang Dilakukan Untuk Anak Yang Sakit Demam

Kompres dengan air hangat. Kompres anak demam dengan air hangat cocok digunakan untuk menurunkan demam sebab Air hangat justru tidak akan menambah suhu tubuh lebih hangat, melainkan sebaliknya akan menyerap panas dari dalam tubuh anak, sehingga mampu menurunkan demam. Kompres dengan menggunakan air hangat digunakan untuk memperlancar sirkulasi atau peredaran darah, mengurangi rasa sakit, serta dapat memberikan rasa tenang pada anak yang sedang sakit demam. Adapun tingkat suhu air hangat untuk kompres direkomendasikan antara 40-50 derajat celcius.


Kompres menggunakan air dingin. Kompres anak dengan memakai air dingin bisa digunakan sebagi cara untuk membantu menyejukan kondisi tubuh anak pada waktu udara panas. Tetapi cara ini tidak tepat untuk digunakan pada anak yang sedang sakit demam. Sebab kompres menggunakan air dingin sekilas seolah dapat dengan cepat menurunkan panas tubuh, namun penurunan suhu panas tubuh itu bertahap, sehingga justru anak demam jika dikompres dengan air dingin dapat mengalami hipotermia (kedinginan) dan menggigil.

Kompres menggunakan air es. Kompres menggunakan air Es hanya dilakukan pada anak jika dalam kondisi mengalami luka terbuka atau memar. Kompres pada kondisi anak terluka atau memar bisa membantu dalam prosses pembekuan darah hal ini dilakukan untuk menghindari pendarahan yang lebih banyak. Tujuan lain dari kompres dengan air Es pada anak yang terluka adalah untuk meredam rasa nyeri akibat pecahnya pembuluh darah pada saat terjadi luka, seperti jatuh atau terkena benda tajam.

Pemahaman ini sangat perlu diketahui terutama oleh ibu muda yang memiliki anak kecil dan menginjak remaja. Agar tidak salah dalam melakukan kompres pada anak yang sedang sakit demam. Kesalahan dalam melakukan kompres sering dilakukan oleh mereka yang belum mengetahui hal ini. Sehingga malah menyebabkan demam anak semakin tinggi.