Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Cara dalam menjaga kesehatan mata anak penting diperhatikan. Tahukan anda ahir-akhir ini banyak sekali anak yang menderita penyakit mata seperti (katarak, rabun jauh, rabun dekat). Kesehatan mata pada anak dapat terganggu karena banyak faktor, diantaranya adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin dan gizi yang dapat membantu untuk menunjang kesehatan mata anak. Hal ini mungkin jarang diperhatikan oleh para orang tua karena kesibukan mengurus pekerjaan lain.

Anak sekarang cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan instan yang di beli di supermarket. Padahal makanan serba cepat saji tersebut meskipun higienis tetapi kadar vitamin yang lebih alaminya sangat kurang. Makanan modern lebih banyak menggunakan zat-zat pengawet yang justru berakibat buruk untuk jangka panjang bagi kesehatan anak saat mereka beranjak dewasa.

Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan bagi anak, termasuk memperhatikan kesehatan mata anak dengan cara membiasakan memberi anak makanan bervitamin yang akan lebih membantu menjaga kesehatan mata anak. Beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan anak terutama untuk kesehatan mata mereka berikan jenis makanan seperti berikut ini.

Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

    kesehatan-mata-anak
  • Sayur Wortel. Jenis sayur wortel ini kaya akan serat alami dan memiliki kandungan beta karoten, yaitu sebuah zat antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit mata katarak serta degenerasi otot-otot mata.
  • Makanan Jenis Kacang. Makanan jenis kacang-kacangan ini seperti "Kenari atau Almond" memiliki kandungan zat vitamin yang sangat baik bagi kesehatan mata anak. Kenari dan Almond memiliki kandungan vitamin E, vitamin yang bisa mencegah penyakit katarak pada anak.
  • Makanan Jenis Ikan. Asupan makanan jenis ikan ini penting sebab pada daging ikan memiliki kandungan gizi dan zat yang bisa membantu dalam meningkatkan pertumbuhan kesehatan mata anak. Di dalam minyak ikan terdapat kandungan lemak esensial seperti asam lemak omega 3 yang dapat membantu otot-otot mata selalu dalam kondisi sehat.
  • Buah Alpukat. Di dalam buah Alpuka ini terkadung "Lutein".  Suatu zat yang merupakan antioksidan dan sangat penting dibutuhkan untuk kesehatan mata anak. Zat Lutein ini menurut para medis ditemukan terkonsentrasi di makula, yaitu area kecil yang letaknya di retina mata. Dimana retina ini berperan sebagai sensor penjawab bagi penglihatan sentral. Buah Alpukat ini banyak memiliki kandungan Lutein dengan jumlah paling tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Jadi biasakan agar anak anda mengkonsumsi buah alpukat secara teratur.
  • Makanan jenis Coklat Hitam. Pada makanan jenis ini memiliki kandungan zat "kakao ekstrak" yang sangat berguna untuk kornea mata anak. Akan tetapi dalam hal mengkonsumsi makanan cokelat juga jangan sampai berlebihan terutama hindari banyak memakan coklat yang mengandung terlalu banyak zat gula atau pemanis buatan. Carilah jenis cokelat hitam yang lebih mengandung kadar gula alami bukan pemanis buatan.
  • Makanan jenis Sayuran berdaun hijau. Jenis sayuran berdaun hijau ini banyak memiliki kandungan nutrisi misalnya : (kalsium, vitamin C, vitamin K dan zat besi). Dimana semua nutrisi penting tersebut sangat berguna sekali untuk kesehatan mata Anak. Usahakan anak anda mengkonsumsi makanan sayuran berdaun hijau secara teratur.
  • Jenis Sayuran Bawang Merah. Di dalam Bawang merah terdapat kandungan zat belerang, yaitu suatu jenis mineral yang dapat membantu memproduksi zat kimia (glutathione). Zat inilah yang berfungsi untuk melindungi lensa mata anak. Jadi sebaiknya sertakan bawang merah di dalam masakan yang anda buat untu anak-anak.
  • Makanan jenis Bit merah. Yang tergolong kepada makanan jenis ini yaitu wortel dan bit merah. Kedua jenis makanan yang masih tergolong ke dalam jenis sayuran ini sangat kaya akan kandungan zat karoten yang berfungsi sapat mencegahpenyakit katarak pada mata anak. Bit merah dan wortel ini memiliki kandungan zat besi yang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata anak.
  • Buah Anggur. Kandungan yang terdapat di dalam Buah anggur yaitu zat (flavonoid). Suatu zat yang sangat dibutuhkan agar kornea mata selalu baik dan sehat. Oleh sebab itu berikan anak asupan makanan buah anggur dalam jumlah yang terbatas dan teratur, untuk membantu menjaga kesehatan mata anak anda.
  • Yang terakhir adalah makanan jenis Telur. Di dalam kuning telur, terdapat kandungan dua nutrisi yang sangat penting dalam hal membantu menjaga kesehatan mata, kandungan zat sulfur dan sistein ini merupakan dua zat yang dibutuhkan untuk menjaga agar kesehatan mata anak anda selalu terjaga.

Dengan mengetahui makanan apa saja yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata anak anda ini, semoga bisa membuat para orang tua lebih memperhatikan dalam hal makanan apa saja yang seharusnya diberikan secara teratur kepada anak-anak tercinta anda di rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat.