-->

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

cara-mendidik-anak-menurut-islam

Cara mendidik anak menurut islam. Anak dalam agama Islam adalah titipan yang harus dijaga dan dididik dengan baik secara islami. Untuk mewujudkan supaya anak dapat tumbuh dewasa dengan akhlaknya sesuai islami adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi para orang tua.

Tetapi sesulit apapun, aturan tetaplah aturan yang harus dijalankan dengan baik sesuai keharusan. Pada kenyataanya tidak sedikit orang tua yang menginginkan perilaku dan akhlak anak sesuai dengan aturan islam, namun ternyata dalam mendidik anak yang diterapkan bukan cara-cara menurut islam.

Sehingga sejak kecil anak terbiasa bersikap melanggar aturan-aturan islam. Dalam islam mendidik anak harus keras buka kasar. Orang tua harus bisa membedakan antara keras dengan kasar. Sikap kasar cenderung melahirkan tindakan melukai secara fisik seperti memukul dll.

Tetapi sikap keras akan melahirkan kedisiplinan serta ketaatan. Jadi jika orang tua ingin mendidik anak menurut Islam. Maka Anda harus keras dalam hal mendidik anak, terlebih ketika mereka melakukan sikap atau perbuatan yang melanggar aturan agama islam.

Ajarkan Anak Toleransi Sebagai Cara Ber-Islam

Islam tidak mengajarkan hal tidak baik, tidak mengajarkan untuk saling menjelekan antar satu agama dengan yang lainnya. Maka dari itu Anak harus dididik untuk memiliki tolerasi agar bisa hidup berdampingan dengan orang lain bahkan dengan mereka yang berbeda agama sekalipun.

Sikap ramah, sopan santun dan berbudi pekerti adalah hal yang wajib diajarkan kepada anak secara islami. Islam tidak memerintahkan berbuat, besikap, ataupun berbicara kasar kepada siapa saja, sekalipun kepada orang-orang yang berbeda agama.

Kalaupun kita sering mendengar hal-hal kurang baik tentang umat islam yang punya sikap arogan dan kasar, mereka hanyalah segelintir orang yang tidak mengerti betul ajaran islam yang sebenarnya.

Sekalipun berbeda pendapat dengan orang lain bahkan dengan orang-orang yang berbeda agama, Islam selalu mengajarkan kita untuk memilih cara bermusyawarah dengan baik, tetap saling menghargai dan menghormati.

Oleh karena itu, jangan pernah mengajarkan anak untuk membenci agama lain di luar Islam. Justru ajarkan kepada anak bagaimana kita harus bisa saling menghargai dan memiliki toleransi untuk hidup berdampingan dengan mereka yang berbeda agama.

Keras Bagian Mendidik Anak Menurut Islam

Anda harus ingat Islam mengajarkan Keras Bukan Kasar! Ajarkan kepada anak untuk bersikap keras dalam mentaati aturan islam, bukan justru mengajarkan mereka untuk bersikap kasar.

Bimbinglah dan didik anak sesuai yang di ajarkan oleh baginda Rasululloh S.A.W. Didik anak dengan keras sesuai perintah yang ada di dalan hadits Nabi maupun menurut Al'Quran.

Keras dalam mendidik anak menurut Islam adalah keras agar sikap dan akhlak anak harus selalu sesuai dengan aturan-aturan Islam. Jangan dengan sikap atau perlakuan yang kasar. Sebab perlakuan kasar secara fisik terhadap anak, justru bisa mengakibatkan hal buruk di kemudian hari bagi mental mereka.

Jangan pernah mendidik anak untuk membenci, tetapi ajarkan dan berikan pengertian agar anak terbiasa untuk bersikap peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Karena sikap peduli adalah bagian dari perbuatan amal shaleh.

Tumbuhkan dalam diri anak sejak kecil agar ia terbiasa hidup mau saling tolong menolong dengan siapapun yang membutuhkan bantuan. Islam itu "Rahmatan lilalamin" rahmat bagi seluruh alam, jadi didik anak agar berguna bagi siapa saja dan di manapun ia berada.

Agama Islam adalah sebuah keyakinan, tetapi bukan lantas harus mengajarkan kepada anak membenci orang-orang yang berbeda Agama, itu yang terkadang salah kita ajarkan. Karena sesungguhnya Islam yang benar tidak pernah mengajarkan atau menyebarkan kebencian,

Sebaiknya orang tua harus lebih banyak instrospeksi diri dan sadar untuk selalu menambah ilmu serta pengetahuan tentang keislaman. Seperti dengan mengikuti berbagai acara pengajian atau bertanya kepada para ustad apabila memang tidak tahu cara apa yang sebaiknya harus dilakukan dalam mendidik anak yang sesuai ajaran agama. Hal tersebut bertujuan agar cita-cita dalam cara mendidik anak menurut Islam bisa tercapai dengan sikap yang bijak dan sebaik mungkin.
.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel