Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Cara mendidik anak menurut islam. Anak dalam agama Islam adalah titipan yang harus dijaga dan dididik dengan baik secara islami. Untuk mewujudkan supaya anak dapat tumbuh dewasa dengan akhlaknya sesuai islami adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi para orang tua. Tetapi sesulit apapun, aturan tetaplah aturan yang harus dijalankan dengan baik sesuai keharusan.

Pada kenyataanya tidak sedikit orang tua yang menginginkan perilaku dan akhlak anak sesuai dengan aturan islam, namun ternyata dalam mendidik anak yang diterapkan bukan cara-cara menurut islam. Sehingga sejak kecil anak terbiasa bersikap melanggar aturan-aturan islam. Dalam islam mendidik anak harus keras buka kasar. Orang tua harus bisa membedakan antara keras dengan kasar. Sikap kasar cenderung melahirkan pengerusakan sekalipun dalam akhlak. Tetapi sikap keras akan melahirkan kedisiplinan serta ketaatan. Jadi jika orang tua ingin mendidik anak menurut Islam, maka Anda harus keras dalam hal mendidik anak, terlebih ketika mereka melakukan sikap atau perbuatan yang melanggar aturan agama islam.

Islam tidak mengajarkan hal tidak baik, tidak mengajarkan untuk saling menjelekan antar satu agama dengan yang lainnya. Anak harus dididik untuk memiliki tolerasi agar bisa hidup berdampingan dengan orang lain yang berbeda agama. Sikap ramah, sopan santun dan berbudi pekerti adalah hal yang wajib diajarkan kepada anak secara islami. Islam tidak memerintahkan berbuat, besikap, ataupun berbicara kasar kepada siapa saja, sekalipun kepada orang-orang yang berbeda agama. Kalaupun kita sering mendengar hal-hal kurang baik tentang umat islam yang punya sikap arogan dan kasar, mereka hanyalah segelintir orang yang tidak mengerti betul ajaran islam yang sebenarnya.

cara-mendidik-anak-menurut-islamSekalipun berbeda pendapat dengan orang lain bahkan dengan orang-orang yang berbeda agama, Islam selalu mengajarkan kita untuk memilih cara bermusyawarah dengan baik, saling menghargai dan menghormati. Oleh karena itu, jangan pernah mengajarkan anak untuk membenci agama lain diluar Islam. Justru ajarkan kepada anak bagaimana kita harus bisa saling menghargai dan memiliki toleransi untuk hidup berdampingan dengan mereka yang berbeda agama. Ajarkan kepada anak untuk bersikap keras dalam mentaati aturan islam, bukan justru mengajarkan mereka untuk bersikap kasar. Bimbinglah dan didik anak sesuai yang di ajarkan oleh baginda Rasululloh S.A.W. Didiklah anak dengan keras sesuai perintah Al'Quran. Keras dalam mendidik anak menurut Islam adalah keras agar sikap dan akhlak anak selalu sesuai dengan aturan-aturan Islam.

Jangan pernah mendidik anak untuk membenci, tetapi ajarkan dan berikan pengertian agar anak terbiasa untuk bersikap peduli terhadap sesamanya. Tumbuhkan dalam diri anak sejak kecil agar ia terbiasa hidup mau saling tolong menolong dengan siapapun yang membutuhkan bantuan. Agama Islam adalah sebuah keyakinan, tetapi bukan lantas harus mengajarkan kepada anak membenci orang-orang yang berbeda Agama, itu yang terkadang salah kita ajarkan. Sekali lagi cara mendidik anak menurut Islam harus keras bukan kasar, keras untuk disiplin dalam mentaati semua aturan agama. Sebab mendidik dengan cara yang keras dan kasar itu sangat berbeda. Islam tidak mengajarkan umatnya untuk melakukan hal-hal yang kasar, sebab islam sebenarnya selalu mengajarkan umatnya kepada kedamaian.