Cara Mendidik Anak Umur 2 Tahun Agar Cerdas

No Comments
Cara mendidik anak umur 2 tahun agar cerdas dan berbakat. Anak umur dua tahun adalah masa emas di mana fungsi otak anak mampu bekerja dengan sangat baik. Karena itu di masa-masa umur dua tahun ini orang tua wajib memberikan latihan rutin untuk mengasah otak dan kemampuan anak. Berikan stimulasi yang mampu mengembangkan kecerdasannya. Untuk memudahkan orang tua bisa menggunakan alat bantu mainan berupa angka dan hurup, sambil dimainkan sebutkan nama-nama hurup atau angka tersebut.

Stimulasi ini akan diterima dengan baik oleh indra dan otak anak jika dilakukan secara rutin. Ajarkan juga gerakan-gerakan ringan dan ulangi dengan cara yang sama dan sebutkan nama gerakannya seperti "ayo nari" agar indra penglihatan anak setiap kali melihat gerakan tersebut mengnali gerakannya, sementara indra pendengarnya mengenali nama gerakan tersebut. Stimulasi yang dilakukan pada anak umur 2 tahun mampu melatih perkembangan otak serta fungsi panca indra mereka menjadi lebih peka. Dengan latihan yang diberikan secara rutin ini, dapat melatih tingkat kecerdasan anak sejak dini hingga usia mereka bertambah besar.

Selain itu untuk meningkatkan kecerdasan anak umur 2 tahun bisa juga dilakukan menggunakan cara stimulasi  alami, misalnya menceritakan sesuatu yang ingin kita jelaskan dengan gambar, atau memakai benda-benda yang ada di sekelilingnya. Cara lain yaitu dengan mengajak anak tertawa setiap kali mengalami kejadian atau peritiwa yang lucu. Begitupun dengan benda-benda yang ada disekitarnya bisa dijadikan sumber interaksi anak sebagai sumber belajar dalam mengenal lingkungan dan belajar berkomunikasi.

mendidik-anak-umur-2-tahun
Semantara untuk melatih kecerdasan gerak tubuh anak, bisa dilakukan dengan menstimulasi anak menggunakan latihan memasukkan mainan ke sebuah tempat, bisa juga dengan mengajarkan cara minum dari gelas. Cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melatih anak berdiri, ataupun berjalan dengan cara berpegangan dan melatihnya belajar menggelindingkan bola. Lakukan latihan-latihan dan stimulasi tersebut secara rutin, sebab kebiasaan rutin inilah yang nantinya akan mampu melatih otak dan semua panca indera mereka menjadi lebih baik.

Kesabaran dan ketekunan serta niat yang kuat, tentu akan menjadi modal utama bagi setiap orang tua untu mewujudkan keinginan agar kelak anak bisa menjadi putera puteri yang cerdas. Semua teori hanyalah sekedar cara yang dapat membantu para orang tua untuk melatih anak-anaknya. Namun semua itu kembali kepada kesadaran dan keinginan yang kuat dari orang tua itu sendiri. Pendidikan formal seperti sekolah hanyalah sebagian kecil dari faktor yang membantu mencerdaskan anak, tetapi rumah adalah cikal bakal utama yang mampu menciptakan seorang anak menjadi cerdas dan sehat. Jadi dalam hal ini, merupakan kewajiban setiap orang tua untuk memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam memberikan dukungan dan melatih agar anak-anak bisa menjadi cerdas dan berbakat.