Mendidik Anak Agar Memahami Al'quran

No Comments

Cara mendidik anak agar memahami Al'quran dengan baik. Al'quran diturunkan Allah ke muka bumi melalui Rasululloh S.A.W dengan tujuan untuk menyempurnakan akhlak manusia. Ini merupakan pengertian paling mendasar tentang Al'quran. Jadi orang tua perlu memberikan pemahaman yang benar kepada anak tentang untuk apa Al'quran itu diturunkan.

Jika selama ini kita hanya selalu berlomba agar anak-anak kita fasih dalam membaca Al'quran, pekerjaan berikutnya adalah menjelaskan kepada anak tentang isi yang ada di dalam Al'quran. Ini erat kaitannya dengan akhlak anak di masa depan. Agar karakter, watak, dan akhlak anak sempurna sesuai dengan misi diturunkannya Al'quran. Sebab tentu saja tidak semata-mata hanya ketika anak fasih dalam membacanya saja, maka akhak mereka akan menjadi lebih baik.

Anak harus mengerti dan memahami isi dan arti dari setiap ayat-ayat Al'quran yang mereka baca. Orang tua harus terus membimbing dalam melakukan hal ini. Terangkan dengan jelas makna dan arti setiap surat Al'quran yang dibaca oleh anak. Jika anak hanya paham atau bisa membaca saja, tentu ia tidak mengerti apa maksud dan tujuannya, sehingga tidak sedikit anak sepulang mengaji namun kelakuannya tidak berubah, mungkin itu karena anak tidak memahami apa yang sebenarnya diajarkan di dalam Al'quran yang dibacanya.

cara-mendidik-anak-yang-baikPenting secara terus menerus menerangkan arti dan tujuan dari setiap ayat yang dibaca oleh anak, agar sejak kecil mereka mengerti arti dari setiap ayat tersebut. Ajarkan kepada anak mana perbuatan yang dilarang oleh Al'qura, dan mana perbuatan yang diperbolehkan. Dengan begitu setiap saat anak akan semakin lebih banyak mengetahu isi dan tujuan di dalam ayat-ayat Al'quran. Selama ini mungkin kita hanya mengajarkan anak supaya pandai membaca Al'Quran, dan menganggap ketika mereka besar nanti akan paham dengan sendirinya terhadap isi Al'quran, tentu saja tidak bisa demikian.

Pemahaman anak terhadap isi Al'quran, dan apa saja kewajiban yang diperintahkan dan dilarang di dalam Al'quran, tentu saja harus diajarkan secara terus menerus sejak anak masih kecil ketika setiap kali anak belajar membaca Al'quran, jadi orang tua jangan hanya melatih dan mengajar membacanya saja, namun harus bersamaan dengan menerangkan arti, maksud, dan tujuannya.

Dengan begitu, maka dari waktu ke waktu selain anak pandai membaca Al'quran, anak juga akan semakin memahami lebih banyak lagi isi dari yang diajarkan di dalam Al'quran. Pemahaman itulah yang membuat Al'quran akan mampu menyempurnakan akhlak manusia. Sebab jika anak maupun orangtua hanya pandai membaca Al'quran, namun tidak mengerti isi dan tujuan yang diajarkan di dalam Al'quran bagaimana akhlak manusia bisa mencapai kesempurnaan.