Penanaman Moral Pada Anak Sejak Usia Dini

No Comments
Penanaman moral pada anak penting dilakukan orang tua sejak dini. Seiring dengan kemajuan jaman, perkembangan budaya dan teknologi mengiring setiap generasi masuk ke peradaban yang lebih modern dan semakin canggih. Tercukupinya kebutuhan finansial bagi setiap orang adalah tuntutan yang diingingkan oleh setiap individu. Sehingga yang terjadi di dalam kehidupan sekarang ini adalah persaingan hidup yang sangat ketat, apalagi dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk yang sangat cepat.

Siapapun tentu tidak ingin ketinggalan untuk merubah kehidupan menjadi modern, sukses, dan sejahtera. Segala upaya dilakukan termasuk bersaing di dalam mendidik anak agar generasi berikutnya bisa hidup lebih mapan. Akan tetapi dengan semakin modern-nya jaman serta canggihnya teknologi saat ini, seolah hampir membutakan mata hati anak dari generasi ke generasi akan pentingnya mengetahui makna hidup yang sesungguhnya.

Moral merupakan pondasi utama yang wajib diajarkan untuk dimiliki oleh setiap anak. Sebab hanya dengan moral seorang anak mampu melihat dengan bijaksana bahwa kehadiran orang lain sangatlah penting bagi dirinya. Denga moral, anak akan semakin menyadari bahwa hidup ini dapat menjadi begitu istimewa dengan saling memberi dan menerima. Karena jika dilihat dari hakikat hidup manusia, apapun yang dimiliki dan diketahui oleh kita semua saat ini, baik ilmu, materi, bahkan apapun yang kita punya sekarang, sesungguhnya semua itu kita dapatkan dari orang lain.

Gaya hidup modern tanpa disadari semakin lama semakin membentuk karakter manusia yang hanya mengutamakan kepentingan individu dan kelompok. Tumbuh menjadi sosok dan kelompok manusia dengan gaya dan cara hidup masing-masing (individualisme). Bangsa yang dulu dibesarkan dengan kebiasaan hidup yang suka bergotong royong dan memiliki rasa tepo sliro atau tenggang rasa (saling merasakan satu sama lain), dan senang saling membantu serta memiliki rasa peduli yang cukup tinggi. Kini tradisi leluhur itu seolah semakin terkikis oleh peradaban dan teknologi yang kian maju.

penanaman-moaral-anak
Anak-anak kita nantinya akan menjadi generasi penerus, pastinya tidak akan bisa menjalani hidup tanpa kehadiran dan bantuan orang lain. Ilmu, pekerjaan, kekayaan, dan keluarga yang akan mereka dapat bukankah hanya bisa mereka miliki jika ada orang lain? Oleh karenanya, alangkah bijak apabila kita sebagai orang tua semakin menyadari dan segera memulai kembali mengajarkan moralitas kepada anak. Pribadi anak yang cerdas dan terampil jika dibangun di dalam tubuh yang sehat dengan moral yang kuat, tentu akan dapat menjadikan putera puteri kita sosok seorang anak yang tidak hanya mampu bersaing dalam bisnis. Tetapi juga bisa bermanfaat dan mau membantu sesamanya dengan rasa peduli yang dimilikinya. Karena jika bukan orang tua yang memiliki rasa peduli untuk mengajarkan pentingnya memiliki moral kepada anak-anaknya sejak usia mereka masih dini, lalu siapa lagi?

Gaya hidup yang individualis dan hanya mementingkan kelompok, lebih cenderung akan membangun karakter ambisius. Dampaknya akan menjadikan sikap anak menjadi tidak peduli, dan akan selalu menghadapi setiap persaingan dengan cara tidak sehat yang berujung kepada perseteruan atau peperangan. Bukankan pada akhirnya semua itu hanya akan berujung kepada kehancuran? Tidak ada kata terlambat bagi kita semua untuk berusaha memperbaiki. Marilah kita tekadkan dalam hati untuk mau memulai mendidik anak-anak kita agar lebih memperhatikan dan menyadari akan pentingnya moralitas di dalam setiap perilaku anak. Sebab moralitas yang kuat dalam diri anak akan mampu membangun kesadaran hidup bergotong royong, mau saling membantu, dan memahami pentingnya menciptakan kebersamaan. Karena kebersamaan selalu akan membuat segala hal sulit menjadi lebih mudah dikerjakan dan diselesaikan dengan saling bahu-membahu.