Marhaban Ya Ramadhan Bulan Penuh Berkah

No Comments
Marhaban ya Ramadhan bulan penuh berkah dan rahmat Allah. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, higga kini sudah tiba kembali di bulan yang penuh segala hikmah ini. Maka alangkah indahnya apabila di bulan Ramadhan yang melimpah dengan segala rahmat ini, orang tua dan anak berlomba untuk lebih meningkatkan segala amal ibadah serta kebaikan agar Allah memberikan kemuliaan bagi keluarga.

Bulan Ramadhan ini hendaknya dijadikan sebagai saat yang paling tepat untuk kita semua bercermin kembali, dan menelaah sudah sampai sejauh mana kita telah melakukan hal-hal bermanfaat bagi diri kita, keluarga dan masyarakat. Hidup di alam fana ini tidaklah lama, waktu terus berjalan detik demi detik, hari demi-hari, hingga setiap tahun usia kita semakin bertambah.

Hanya amal ibadah yang akan menolong seseorang ketika ia sudah sampai pada waktu dimana hari menutup mata selamanya. Oleh karena itu, belajar untuk lebih mawas diri dan selalu mau berusaha memperbaiki setiap kesalahan dari waktu ke waktu merupakan cara bijak yang seharusnya wajib dilakukan.

Belajar selalu bersyukut atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita dan keluarga, hendaknya dijadikan sebagai kebiasaan yang wajib dijaga untuk selalu diingat dan dilakukan setiap saat. Karena sesungguhnya tidak ada suatu apapun yang kita miliki dan kita ketahui, melainkan semua itu datangnya dari Allah.

mendidik-anak-bulan-ramadhan

Putera dan Puteri yang telah di anugerahkan kepada kita, adalah harta yang sangat berharga untuk selalu dijaga dan dididik dengan baik dan penuh tanggung jawab. Anak adalah generasi penerus yang akan membawa nama baik keluarga. Anak hanya akan menjadi baik apabila ia selalu diajarkan untuk terbiasa melakukan kebaikan setiap saat.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, selagi kita masih diberi waktu dan kesempatan untuk bisa menikmati segala rahmat dan kebaikan oleh Allah. Maka merupakan saat yang tepat bagi orang tua untuk memberikan nasehat-nasehat yang baik kepada putera puteri kita. Ajak dan berikan anak-anak contoh dan teladan untuk dalam meningkatkan amal ibadah di bulah Ramadhan ini.

Ajarkan bagaimana seharusnya hidup bersosial yang baik, dengan memberi mereka contoh untuk mau bersedekah. Misalnya saja dengan mengajak anak untuk memberikan sebagian rejeki kita dengan memberi makanana untuk orang yang akan berbuka puasa. Ajaklah anak untuk menjalankan ibadah shalat Tarawih bersama, membaca Al'Quran bersama, atau melakukan kegiatan ibadah yang lainnya.

Bisa karena biasa, itulah pepatah bijaksana, Begitupun dengan putera puteri kita, mereka hanya akan melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Maka dari itu mendidik anak untuk selalu membiasakan diri agar disiplin dalam mentaati segala kewajibannya, wajib dibiasakan. Semoga senantiasa Allah selalu memberikan segala rahmat-Nya kepada kita semua.