Tahukah Apa Alasan Anda Mengapa Masuk Islam?

No Comments
Tahukah apa alasan Anda mengapa masuk Islam? Tanpa disadari kebanyakan dari kita umat muslim jarang yang bertanya "Mengapa saya harus masuk Islam?", baik kepada orang tua, guru agama, atau kepada para ulama. Kenapa saya ingin membahas hal ini? Sebab ini persoalan sangat penting untuk kita sebagai orang Islam.

Tahukah Anda khusunya di Indonesia jumlah penduduknya di dominasi orang muslim. Boleh dikatakan lebih dari 80% penduduk Indonesia adalah umat Islam. Namun saya maupun Anda pasti tahu, sebab ini bukan rahasia umum lagi, bahwa hampir 50% penduduk di Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan, dan rata-rata dari mereka adalah umat muslim.

Belum lagi kita sering melihat dan mendengar berita di berbagai media, khusunya tentang kehidupan anak remaja dengan pergaulan bebasnya. Hingga ada sebuah survei dari sumber terpercaya yang mengatakan bahwa lebih dari 62% remaja putri SMP pernah melakukan hubungan intim. "Masyaalloh" sebegitu parahnya akhlah anak bangsa yang penduduknya lebih dari 80% adalah umat Islam. Bagaimana itu bisa terjadi?

Seperti saya katakan diawal, masalahnya adalah selama ini kita sebagai orang tua mengabaikan sesuatu hal yang penting yaitu iman atau akhlaq yang benar. Selama ini yang diajarkan kepada anak adalah bagaimana cara shalat, bagaimana cara membaca Al'quran, bagaimana cara menjadi orang Islam. Tetapi sejak kecil anak-anak kita tidak pernah diajarkan dan diberi tahu mengapa mereka harus Islam? Mengapa mereka harus shalat? Mengapa mereka harus ngaji Al'quran? Padahal ini merupakan hal paling mendasar tentang pengetahuan kebenaran atas keyakinan sebagai pondasi iman yang sangat penting di dalam Islam!
Kenapa penting? Karena mengetahui alasan merupakan akar dari sebuah keimanan dan keyakinan. Jika anak menjadi orang muslim hanya dengan alasan karena orang tua dan leluhurnya juga Islam, maka sudah pasti anak kita menjadi orang Islam karena ikut-ikutan. Dengan begitu tidak salah jika anak sebetulnya masih ragu tentang kebenaran Islam. Karena mereka tidak tahu kebenarannya itulah, yang akhirnya meskipun mereka orang muslim, namun cara hidup anak-anak Islam ternyata mudah diombang ambing oleh budaya dan kemajuan peradaban. Itu terjadi sebab mereka sebenarnya tidak yakin tentang kebenaran dari agama yang dianutnya.

Jadilah keadaanya ya seperti yang sekarang ini kita saksikan. Kita semua tahu yang sering tawuran itu anak siapa? Bukankah kebanyakan dari mereka adalah anak-anak orang Islam! Lalu yang perang antar kampung siapa? Kebanyakan dari mereka adalah sesama muslim! Remaja yang hidup dalam pergaulan bebasa bahkan di pedesaan mereka adalah anak-anak muslim, yang jika ditanya mengaku Tuhan mereka adalah Allah, nabinya adalah Muhammad S.A.W, dan kitab pedomannya adalah Al'quran. Namun kenapa justru yang terjadi akhlaq mereka seperti itu? Kita semua sebagai orang muslim mari memperbaiki semua keadaan ini.

Tidak ada kata terlambat jika memang kita semua memiliki keinginan kuat untuk memperbaiki. Jelas ada yang salah dengan semua yang terjadi saat ini. Iman yang benar merupakan akar utama dan akan menjadi faktor penting yang dapat menjadikan aklaq umat Islam menjadi kuat. Dengan iman dan keyakinan yang benar maka akhlaq orang Islam akan sesuai dengan tuntunan aqidah yang diajarkan di dalam Al'quran dan syariat Islam.

Dengan keyakinan yang kuat, maka iman seseorang tidak akan mau ditukar dengan apapun. Keyakinan akan kebenaran Islam itulah yang harus diajarkan kepada anak-anak kita, baik oleh para orang tua, guru agama, dan oleh para ulama. Ajarkan dan berikan anak-anak jawaban serta bukti yang dapat meyakinkan kepada mereka tentang alasan kenapa mereka harus Islam? Kenapa mereka harus shalat? Kenapa mereka harus memahami betul tentang Al'quran? Jika mereka tahu alasannya, maka mereka akan yakin kebenarannya. Keyakinan itulah yang akan membuat iman seorang muslim menjadi kuat.

Rusaknya akhlaq berawal dari keraguan, tidak sedikit orang Islam yang sebetulnya masih ragu akan kebenaran agamanya sendiri. Ragu dan menjadi tidak yakin karena mereka tidak pernah tahu bukti dan kebenaran yang sesungguhnya. Sehingga yang terjadi adalah pembentukan karakter baru yang sangat mudah terkontaminasi oleh kebudayaan dan kemajuan peradaban modern yang menyesatkan.

Marilah kita semua belajar untuk mencari kebenaran beriman dalam Islam dengan akal pikir, tidak hanya karena ikut-ikutan saja. Cari tahu mengapa Anda harus Islam? Kenapa orang Islam harus shalat? Cari tahu kebenaran Al'quran dengan berpikir, sebab kita dikaruniai akal pikir adalah untuk digunakan dengan sebaik-baiknya. Pembuktian kebenaran dapat membuat iman seseorang menjadi keyakinan yang utuh. "Dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan Akalnya.’’ [QS. Yunus: 99-100].