Meningkatkan Ketaqwaan Anak Di bulan Ramadhan

No Comments
Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Bulan yang penuh rahmat, berkah dan pengampunan. Karenanya mari kita mengisi bulan suci Ramadhan yang akan datang dengan meningkatkan ketaqwaan serta amal ibadah kita kepada Allah.

Salah satunya dengan mendidik anak supaya lebih giat dalam melaksanakan perintah agama sebagai bentuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan amal ibadah sambil berpuasa agar ia terbiasa.

Jangan dibiarkan anak terus terusan tidur dan bermalas malasan saat berpuasa, sebab nantinya itu akan menjadi kebiasaan buruk dan anak menjadi terbiasa malas setiap kali ia menjalankan ibadah puasa. Berikan pengertian yang bisa diterima anak, bahwa puasa bukan alasan untuk mengurangi setiap kewajiban yang harus dilaksanakan setiap hari.
mendidik-anak-sabar
Justru dengan tetap melakukan segala kewajiban sambil berpuasa itulah, yang akan melatih kesabaran anak sejak kecil. Kalau mau lulus itu kan harus ikut ujian dulu, jadi bagaimana bisa lulus ujian kalau waktu berpuasa malah kebanyakan tidur atau bermalas malasan. Lebih baik mengisi waktu berpuasa dengan meningkatkan ibadah dan ketaqwaan, selain memperoleh pahala yang besar juga akan mampu melatih anak menjadi pribadi yang sabar, disiplin, dan penuh tanggung jawab.

Oleh sebab itu, alangkah bijak jika orang tua bisa memberikan tauladan atau contoh yang baik agar anak tidak hanya mendengar saja, tetapi juga melihat setiap amal ibadah yang dilakukan oleh orang tua mereka. Mengajak sambil memberikan contoh merupakan cara terbaik yang biasanya selalu berhasil membuat anak menjadi penurut yang taat kepada orang tua, daripada hanya menasehati anak hanya dengan bicara saja.