Penyakit Pada Anak Balita Yang Harus Diwaspadai

Penyakit pada Anak Balita yang harus diwaspadai oleh Ayah dan Bunda. Orang tua, terutama Ayah dan Bunda sudah seharusnya memperhatikan dan mengetahui ci-ciri penyakit apa saja yang memerlukan perhatian secara khusus. Hal ini dilakukan agar kita dapat memberikan penanganan yang tepat, apabila anak menderita sakit. Pengetahuan terhadap ciri dan cara penanggulangan untuk sakit yang diderita oleh anak, dapat membantu mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk.

Berikut diantaranya beberapa penyakit yang harus diwaspadai oleh orang tua di rumah. Jika ternyata pada anak Anda ditemukan ciri-ciri menderita sakit yang dijelaskan dibawah ini, sebaiknya segera dibawa ke dokter, untuk mendapatkan penanganan secara tepat dan petunjuk yang lebih jelas dari ahli medis.


Penyakit Pada Anak Balita Wajib Diwaspadai
    penyakit-pada-anak-bayi
  • Penyakit Apnea atau kondisi di mana bayi tidak bernapas secara spontan. Kejadia ini lebih sering dialami saat bayi tertidur. Kasus Apne ini lebih sering ditemukan pada bayi yang lahir dalam kondisi prematur.
  • Sakit Sesak Napas. Pada saat bayi mengalami gangguan sesak nafas yang disertai batuk. Akan terdengar bunyi sesaknya ketika bayi bernafas maupun saat mengeluarkan nafas. Keadaan ini sangat perlu diwaspadai apalagi jika pada wajah balita Anda terlihat kebiruan. Kondisi ini lebih sering diakibatkan sebab bayi kekurangan oksigen.
  • Penyakit Ruam Popok. Pada balita yang menderita sakit yang disebut Ruam Popok, akan ditemukan cici-ciri yaitu pada kulit bayi terdapat iritasi. Hal ini sering ditimbulkan karena pemakaian popok pada bayi yang tidak benar. Untuk itu penting bagi Bunda agar selalu memperhatikan cara menggunakan popok dengan cara yang tepat.
  • Anak Sakit Kuning. Sakit Kuning dalam dunia medis lebih dikenal sebagai jaundice. Tanda-tanda dari anak yang menderita sakit kuning terlihat pada kulit atau mata balita yang warnanya menjadi kekuningan. Jika pada anak Anda ditemukan gejala sakit kuning ini dan tidak juga sembuh dalam jangka waktu yang lama, segera periksakan dan bawa ke dokter anak.
  • Penyakit Eksim Susu. Anak yang menderita Eksim susu atau secara medis lebih dikenal sebagai dermatitis atopi. Adalah permasalahan yang terjadi pada kulit anak balita, yang sering terjadi karena kulit bayi terkena tetesan air susu saat ibu menyusi. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan kebersihan ketika Bunda menyusui bayi, segera dibersihkan jika terdapat air susu yang menetes pada kulit bayi.
  • Penyakit Batuk dan Pilek. Penyakit inilah yang lebih sering diderita oleh anak balita. Sakit yang disebabkan oleh Virus ini lebih mudah menyerang bayi dengan kondisi tubuh yang lemah.Oleh sebab itu, vaksin dan imunisasi sangat penting diberikan kepada balita agar kekebalan tubuh mereka menjadi lebih prima.
  • Infeksi Saluran Pernapasan. Infeksi saluran pernafasan diakibatkan oleh beberapa faktor. Diantaranya kesehatan lingkungan yang tidak terjaga dengan baik. Bayi yang lebih sering berada di tempat yang udara atau kondisinya kotor, cenderung mudah terserang infeksi saluran pernapasan. Sebab itu, sebaiknya Bunda harus sangat memperhatikan kebersihan tempat tidur bayi, dan lingkungan tempat tinggal. Debu dan pencemaran udara seperti asap rokok dapat menyebabkan (ISPA=Inpeksi Saluran Pernapasan Atas).
  • Penyakit Sembelit. Pada anak bayi yang tubuhnya mengalami kekurangan cairan yang disebabkan adanya perubahan pola makan, atau faktor kurangnya asupan minuman dapat menimbulkan sembelit. Untuk bayi yang menderita sakit sembelit butuh penanganan khusus dari dokter atau bidan. Sebaiknya bawa anak Anda ke dokter atau ahli medis terdekat, untuk konsultasi cara penanganan selanjutnya.
  • Anak Sering Muntah. Muntah disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena bayi terlalu kekenyangan. Bisa juga disebabkan karena udara yang terlalu banyak di dalam lambung bayi. Penting untuk segera membawanya ke dokter jika anak mengalami muntah-muntah, untuk diperiksa dan agar mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Sakit Diare. Terlihat spele namun sakit diare ini bisa berakibat sangat buruk jika tidak ditangani segera. Penyebab diare adalah virus pada makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh bayi. Jangan memebrikan makanan yang sudah disimpan terlalu lama. Sebaiknya berikan makanan ataupun minuman yang masih segar dan baru. Waspadai jika anak mengalami sakit diare yang disertai dengan darah. Segera bawa ke dokter atau ahli medis terdekat.

Beberapa jenis penyakit yang disebutkan di atas merupakan sakit yang sering di derita oleh anak balita. Sebaiknya segera hubungi dan berkonsultasi dengan dokter apabila Anak balita Anda menderita salah satu dari beberapa jenis penyakit tersebut. Perhatikan dan kesehatan lingkungan, dan kebersihan tempat tinggal secara teratur, sebab menjaga lebih mudah daripada mengobati.