-->

Tahukah Apa Alasan Anda Mengapa Masuk Islam?

Tahukah apa alasan Anda mengapa masuk Islam? Tanpa disadari kebanyakan dari kita umat muslim jarang yang bertanya "Mengapa saya harus masuk Islam?"

Baik bertanya kepada orang tua, guru agama, atau kepada para ulama. Kenapa saya ingin membahas hal ini?

Sebab persoalan ini merupakan dasar pokok dari kuatnya keimanan seseorang. Jadi menurut saya ini adalah hal yang sangat penting bagi kita sebagai orang Islam.

Kita semua tahu mayoritas penduduk Indonesia adalah kaum muslimin. Boleh dikatakan lebih dari 80% penduduk Indonesia adalah umat Islam.

Namun kita semua pasti tahu, sebab ini bukan rahasia umum lagi. Bahwa hampir 50% penduduk di Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan, dan rata-rata dari mereka adalah umat muslim.

Belum lagi kita sering melihat dan mendengar berita di berbagai media. Tentang kehidupan anak remaja dengan pergaulan bebasnya.

Hingga ada sebuah survei dari sumber terpercaya yang mengatakan bahwa lebih dari 62% remaja putri SMP pernah melakukan hubungan intim. "Masyaalloh".

Sebegitu parahnya akhlah anak bangsa yang penduduknya lebih dari 80% adalah umat Islam. Bagaimana mungkin hal seperti itu itu bisa terjadi?

Seperti saya katakan diawal, masalahnya adalah selama ini kita sebagai orang tua mengabaikan sesuatu hal yang penting.

Yaitu iman kokoh dan akhlaq yang baik. Selama ini yang diajarkan kepada anak hanya tentang bagaimana cara shalat, bagaimana cara membaca Al'quran, dan bagaimana cara menjadi orang Islam.

Padahal itu semua belum cukup. Anak juga harus dididik tentang moralitas dan akhlak. Jadi anak tidak cuma pinter ngaji dan rajin sembahyang. Tetapi anak juga diharapkan memiliki akhlak dan moral yang baik.

Sejak kecil anak-anak kita tidak pernah diajarkan dan diberi tahu alasan yang benar secara mendalam tentang mengapa mereka harus Islam?

Apa alasan mereka harus mengerjakan shalat?
Mengapa mereka harus membaca Al'quran?
Apa cukup iman mereka menjadi kuat dan kokoh hanya dengan membacanya saja?

Padahal ini merupakan hal paling mendasar tentang pengetahuan kebenaran atas keyakinan. Sebagai pondasi iman yang sangat penting di dalam Islam!

Kenapa penting? Karena mengetahui alasan yang jelas dan benar dari suatu hal yang diyakini. Merupakan akar dari sebuah keimanan dan keyakinan yang kuat dan kokoh.

Jika anak menjadi orang muslim hanya dengan alasan karena orang tua dan leluhurnya juga Islam.

Maka sudah pasti anak kita menjadi orang Islam karena ikut-ikutan. Dengan begitu tidak salah jika anak sebetulnya masih ragu tentang kebenaran Islam itu sendiri.

Karena ketidaktahuan anak akan kebenaran islam itulah, yang pada akhirnya meskipun mereka sebagai orang muslim.

Namun cara hidup anak-anak islam ini ternyata mudah diombang ambing oleh budaya dan kemajuan peradaban.

Itu terjadi sebab mereka sebenarnya tidak yakin tentang kebenaran dari agama yang dianutnya. Mereka tidak tahu benar bahwa menjadi orang islam itu seharusnya seperti apa?

Jadilah keadaanya ya seperti yang sekarang ini sering kita dengar dan saksikan. Kita semua tahu yang sering tawuran itu anak siapa?

Bukankah kebanyakan dari mereka adalah anak-anak orang Islam?
Lalu yang perang antar kampung siapa?
Kebanyakan dari mereka adalah sesama muslim!

Remaja yang hidup dalam pergaulan bebas, bahkan di pedesaan mereka kebanyakan anak-anak muslim.

Yang jika ditanya mereka mengaku Tuhan mereka adalah Allah, dan nabinya mereka adalah Muhammad S.A.W.

Mereka juga tahu kitab pedomannya adalah Al'quran. Namun kenapa justru yang terjadi akhlaq mereka seperti itu?

Oleh sebab itu, kita semua sebagai umat Islam punya kewajiban untuk memperbaiki kondisi moral dan akhlak pada anak-anak kita.

Tidak ada kata terlambat jika memang kita semua memiliki keinginan kuat untuk memperbaiki kondisi keterpurukan moralitas anak. Karena jelas ada yang salah dengan semua yang terjadi saat ini.

Iman yang benar merupakan akar utama yang akan menjadi faktor penting dan dapat menjadikan aklak umat Islam menjadi lebih kuat.

Dengan iman dan keyakinan yang benar, maka akhlak orang Islam akan sesuai dengan tuntunan aqidah yang diajarkan di dalam Al'quran dan syariat Islam.

Dengan keyakinan yang kuat, maka iman seseorang tidak akan mau ditukar dengan apapun. Keyakinan akan kebenaran Islam itulah yang harus diajarkan dan ditanamkan dengan kuat sejak kecik kepada anak-anak kita.

Baik oleh para orang tua, guru agama, dan oleh para ulama. Ajarkan dan berikan anak-anak jawaban serta bukti yang dapat meyakinkan kepada mereka tentang alasan kenapa mereka harus Islam?

Beritahu kebenaran dan alasan tentang kenapa mereka harus shalat?
Kenapa mereka harus memahami betul tentang Al'quran?

Karena dengan memahami alasan yang benar, maka iman mereka akan menjadi semakin kuat. Mereka akan yakin pada kebenaran ajaran Islam.

Keyakinan itulah yang akan membuat iman seorang muslim menjadi lebih .

Rusaknya akhlaq berawal dari keraguan, tidak sedikit orang Islam yang sebetulnya masih ragu akan kebenaran agamanya sendiri.

Ragu dan menjadi tidak yakin karena mereka tidak pernah tahu bukti dan kebenaran yang sesungguhnya.

Sehingga yang terjadi adalah pembentukan karakter baru yang sangat mudah terkontaminasi oleh kebudayaan dan kemajuan peradaban modern yang menyesatkan.

Marilah kita semua belajar untuk mencari kebenaran beriman dalam Islam dengan akal pikir, tidak hanya karena ikut-ikutan saja.

Cari tahu mengapa Anda harus Islam?
Kenapa orang Islam harus shalat?

Cari tahu kebenaran Al'quran dengan berpikir, sebab kita dikaruniai akal pikir adalah untuk digunakan dengan sebaik-baiknya.

Pembuktian kebenaran dapat membuat iman seseorang menjadi keyakinan yang utuh. "Dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan Akalnya.’’ [QS. Yunus: 99-100].

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahukah Apa Alasan Anda Mengapa Masuk Islam?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel