Pola Asuh Orang Tua Penting Dalam Mendidik Anak

No Comments
Pola asuh orang tua memiliki peranan sangat penting dalam hal membangun karakter anak. Watak, sipat, karakter, dan kepribadian seorang anak tumbuh dari cara orang tua dalam mendidik mereka. Apa yang lebih sering dilihat, didengar, dan dirasakan oleh anak maka itulah yang akan mempengaruhi pola pikir, dan gaya hidup yang akan diterapkan oleh anak dilingkungan sosialnya. Sebab itu menerapkan pola asuh yang baik dan benar penting diperhatikan oleh Ayah dan Bunda.

Perhatian terhadap kebutuhan makanan yang sehat dan bergizi, serta segala kebutuhan hidupnya memang penting dilakukan semaksimal mungkin. Namun jauh lebih penting untuk memikirkan bagaimana menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjalankan pola hidup yang baik dan sehat pada diri putera puteri Anda. Pola asuh orang tua akan sangat mempengaruhi karakter seorang anak dalam bergaul, sebab itu perlu dicari metode atau cara menerapkan pola asuh yang benar dan dapat diterima secara alami dengan baik oleh anak.
pola-asuh-orang-tua
Seperti dengan memberikan pujian dan penghargaan berupa hadiah yang disukai atau diinginkan oleh anak. Cara tersebut merupakan pilihan bijak yang dapat dijadikan sebagai pola asuh dan cara orang tua dalam memberikan motivasi serta semangat bagi anak agar ia selalu mau berusaha untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya. Penghargaan terhadap segala usaha yang dilakukan oleh anak menjadi hal penting dan perlu diprioritaskan dalam mendidik mereka, agar anak merasa bahwa orang tua sangat begitu menghargai hasil usaha mereka.

Siapapun tentu merasa senang dan bangga dipuji ketika ia berhasil melakukan sesuatu. Begitu juga yang terjadi pada diri seorang anak. Setiap kali orang tua memberikan pujian atau penghargaan atas usaha dan prestasi yang telah dicapainya, maka anak akan merasa sangat senang dan ia akan terpicu untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

Jangan selalu mengandalkan pihak ketiga dalam hal memberikan perhatian untuk anak. Misalnya mengandalkan suster, pembantu, atau guru les privat mereka. Perhatian yang amat besar dari pihak ketiga, tetap saja tidak akan membuat anak menjadi bangga. Sebab ia merasa hanya diperhatikan dan dihargai oleh orang lain saja dan bukan oleh orang tuanya sendiri.

Karena itu menerapkan pola asuh yang benar dan baik menjadi hal penting yang harus diprioritaskan oleh orang tua untuk dilakukan secara rutin di rumah. Keharmonisan dan kehangatan seperti sering nonton tv bareng keluarga, ngobrol berbagi cerita dan makan bersama, itu akan menjadi kegiatan menyenangkan di dalam rumah yang dapat dirasakan oleh anak sehingga hal itu bisa membuat perasaan dan hidup mereka menjadi lebih nyaman dan membahagiakan. Suasana tersebut secara alami dengan sendirinya akan mampu menumbuhkan pola hidup dan cara berpikir yang lebih baik dan sehat bagi putera puteri Anda. Karena kepuasan materi tidak selalu akan menjamin karakter anak bisa berkembang dengan baik, jika perasaan, hati, dan bathin mereka merasa kosong, hampa, dan miskin akan perhatian dari kedua orang tuanya.

Mulailah berikan perhatian atau penghargaan untuk anak-anak Anda dari hari ini jika mereka berhasil mencapai prestasi yang lebih baik. Tumbuhkan perasaan nyaman di hati mereka, agar selalu merasa senang berada dirumah ngobrol, nonton tv, dan makan bareng keluarga. Berikan arahan dan pendidikan yang baik kepada anak dengan cara ngobrol atau bercerita bareng dalam suasana yang menyenangkan.

Dengan pola asuh seperti itu, maka apapun nasihat dan pengetahuan yang diberikan dan diajarkan oleh orang tua akan dapat diterima dengan baik oleh anak, sebab hatinya merasa senang dan gembira. Sebagai orang tua Anda harus ingat, bahwa mendidik dengan kekerasan tidak selalu dapat menyelesaikan masalah. Maka mulailah membuka diri mendidik dan menerapkan pola asuh yang lebih baik dan lebih bijaksana agar putera puteri Anda selalu merasa lebih nyaman, senang, gembira, dan selalu merindukan kehadiran kedua orang tua disisi mereka.