Cara Cerdas Ibu Menstimulasi Balita

No Comments
Cara cerdas Ibu menstimulasi Balita. Hal ini dilakukan supaya balita bisa menjadi anak yang cerdas, dan tentu saja ini menjadi harapan serta dambaan setiap Ibu. Kemampuan seorang anak ketika masih berumur di bawah lima tahun atau yang disebut Balita. memang sungguh luar biasa, sayang bukan jika kita sebagai orang tua tidak memberikan stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan si kecil tersebut. Anak balita mempunyai kemampuan luar biasa ketika mampu menyerap kepandaian dan informasi yang baru ia dapatkan dibandingkan dengan anak berusia di atasnya.

Karena itu di masa-masa emas tersebut penting dilakukan stimulasi sebagai usaha kita sebagai orang tua dalam hal mencerdaskan anak sejak usia mereka masih dini. Selain makanan yang bergizi dan bervitamin, latihan sangat diperlukan supaya otak anak terbiasa menerima informasi dengan baik. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara menstimulasi anak balita:

Cara Ibu Menstimulasi Balita Sejak Dini

    Cara Cerdas Ibu Menstimulasi Balita
  • Komunikasi. Jalinlah komunikasi dengan sang buah hati Anda sesering mungkin, Anda bisa menceritakan apasaja untuk mendukung pengetahuan bahasa dan mengembangkan pikirannya, tentunya Anda bercerita tentang hal-hal ringan saja, ajaklah anak untuk berbicara.
  • Lakukan Pengulangan. Jangan biasakan si kecil untuk menghafal sesuatu, ajarkan satu materi hanya satu sekali saja kemudian lakukan pengulangan-pengulangan. Hal ini merupakan suatu bagian yang penting dimana anak mengenal proses informasi.
  • Bacakan Cerita Setiap Hari. Ceritakan cerita-cerita anak setiap hari menggunakan intonasi dan ekspresi yang nyata. Bila perlu lakukan peragaan seperti pada isi cerita.
  • Belikan Anak Buku Dengan Huruf Yang Besar Dan Gambar Yang Jelas. Anak menjadi mengenal huruf yang nantinya perlahan-lahan mengerti tentang kata ketika si kecil melihat gambar disertai kata.
  • Belikan Alat Peraga. Sebagai contoh, untuk mengenalkan si kecil huruf, belikan huruf-huruf besar, bisa terbuat dari plastik, magnet, atau kertas. perkenalkan kepadanya setiap saat baik ketika sedang mandi, bermain, atau di kamar sekalipun.
  • Berikan mainan yang mendidik. Dengan alat peraga anak Anda tidak merasa sedang belajar, dia bisa mengerti tentang apa saja sambil bermain.
  • Olahraga. Perkenalkan olahraga pada anak sedini mungkin, karena kecerdasan anak dan perkembangan otak anak berhubungan erat dengan pendidikan jasmaninya. Anda bisa mulai memperkenalkan dengan mengajaknya berlari, berenang atau bela diri.

Itulah tips bagaimana cara menstimulasi anak balita sejak dini, supaya menjadi anak yang cerdas setelah ia dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para orang tua, supaya mengetahui cara menstimulasi balita. Saya juga merekomendasikan agar Anda membaca artikel mengenai tips cara mendidik anak yang benar.