Cara Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri



Cara Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri. Mempunyai anak yang mandiri tentu saja itu akan sangat membuat bangga orangtua. Karena selain anak tidak selalu mengandalkan orang tua, anak juga akan lebih bertanggung jawab untuk kehidupannya sendiri.

Realita serta sikap mandiri pada anak ini tentunya tidak datang dengan sendirinya. Untuk menciptakan sikap mandiri serta rasa tanggung jawab pada diri anak, sangat dibutuhkan kerja sama yang baik antara orang tua dan anak.

Beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membangun rasa tanggung jawab supaya anak memiliki sikap yang mandiri diantaranya sebagai berikut:
Cara Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri
  • Berhentilah Memberikan Perlindungan yang berlebihan pada Anak. Terkadang seringkali orang tua tidak ingin agar anaknya pergi keluar waktu malam hari, atau pergi sendirian ke sekolah karena merasa ingin melindungi. Namun, untuk mengasuh anak serta menjadikan anak mandiri, sebagai orang tua kita perlu menahan sedikit naluri pelindung yang sangat berlebihan. Apalagi bila sikap kita tersebut lebih cenderung mengekang. Biarkan anak-anak menggunakan transportasi umum dan biarkan mereka berani keluar dan belajar mengambil risiko untuk diri sendiri.
  • Biarkan Mereka Melihat serta Merasakan Sendiri Kerasnya Kenyataan. Sebab kerasnya kenyataan hidup itu tidak selalu mengenai tentang pemerkosaan, AIDS, prostitusi, atau kejahatan lainnya. Tetapi, anak-anak Anda tidak bisa polos selamanya. Mungkinkan mereka agar bisa melihat berita yang berkaitan dengan topik ini sehingga mereka tahu apa yang terjadi di dunia ini sebenarnya.
  • Berikan Uang. Anda dapat memberikan anak Anda cukup uang untuk memulai sesuatu dari mereka sendiri. Tetapi, jangan beri mereka terlalu banyak yang membuat mereka terlalu puas. Pastikan bahwa mereka tidak kelaparan tetapi ajarkan juga bahwa anak harus bekerja keras untuk menghidupi kehidupannya.
  • Biarkan Anak Membuat Kesalahan. Anda tidak perlu terlalu takut pada saat mengetahui bahwa anak akan didenda karena berkendara dengan cepat atau gagal ujian. Kebebasan itu mutlak. Namun, pastikan kita mengambil tindakan hukuman yang tepat untuk hal tersebut. Apabila anak gagal dalam ujian, kurangi uang sakunya. Bila mereka minum-minuman beralkohol dan mengemudi, jangan biarkan mereka berkendara. Hukuman harus relevan dan membuat jera ditempat yang tepat.
  • Berikan Dorongan Untuk Mereka Agar Mengeluarkan Pendapatnya. Pendapat anak mungkin sedikit berbeda dengan Anda tetapi penting sekali untuk bertanya pendapat mereka. Nah, oleh sebab itu dorong mereka untuk berbicara dan berdebat dengan Anda tentang beberapa hal.

Yang perlu anda ingat, coba berdebatlah secara sehat, karena perdebatan itu baik untuk melatih cara berpikir yang lebih dewasa. Itulah hal yang menjadi alasan kenapa Anda harus berusaha membiarkan anak menjadi pribadi yang mandiri. Nah bagaimana, sudahkah Anda melakukannya?


Title : Cara Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri
Description : Cara Mendidik Anak Agar Bisa Mandiri . Mempunyai anak yang mandiri tentu saja itu akan sangat membu...