Makanan Untuk Anak Usia 3 Tahun

Makanan untuk anak usia 3 tahun dengan pola teratur. Mungkin banyak dari para ibunda yang bertanya makanan apa yang paling cocok untuk anak balita umur 3 tahun. Pada beberapa kasus kenapa anak malas makan atau tidak mau menghabiskan makanannya, sebetulnya yang menjadi persoalan bukan pada jenis makanannya, namun pada cara ibunda mensajikan makanan tersebut kepada anak. Dirumah ada kalanya orang tua punya kebiasaan buruk seperti dengan memberikan makanan yang sudah dingin dan tidak terlihat segar, sehingga menimbulkan anak tidak selera makan.

Bisa juga beberapa jam sebelum waktu makan, Anda memberikan si kecil camilan atau minuman seperti susu sehingga pas waktunya makan perut anak sudah cukup kenyang. Sebaiknya kebiasaan buruk seperti itu dihindari. Mulailah merubah pola makan pada anak, agar terbiasa makan tepat waktu. Ini penting dilakukan sebelum pola makan yang tidak baik pada anak tersebut menjadi kebiasaan.

Cara lain agar anak usia 3-4 tahun mau makan dengan baik, selain harus menerapkan pola makan yang teratur ibunda juga harus mengetahui porsi yang pas buat anak tercinta. Karena tentunya porsi makan anak akan berbeda dengan porsi makan orang dewasa seperti ayah dan ibunya. Bagi anak usia 3 tahun yang susah makan, bisa saja Anda menerapkan cara lain seperti dengan memberi anak porsi makan cukup sedikit saja namun sering.


Berikut Beberapa Tips Memberikan Pola Makan Pada Anak Usia 3 tahun

    makanan-anak-umur-3-tahun
  • Buatlah suguhan makan anak dengan bervariasi setiap harinya, sehingga anak tidak merasa cepat bosan. Tidak selalu harus makanan yang mahal, namun variasi makanannya yang harus diperhatikan. Caranya bisa dengan mencari tahu apa saja makanan kesukaan anak Anda. Ada banyak jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang baik untuk anak selain mie dan nasi, contohnya Kentang, Jagung, Oatmeal, dan Bihun.
  • Untuk makanan anak yang berprotein juga tidak selalu harus memberinya telur atau daging ayam. Tetapi bunda bisa membuat variasi dengan memberikan makanan berprotein lainnya seperti keju, ikan atau jenis makanan yang berbahan kacang-kacangan.
  • Hindari memberikan atau membiasakan anak mengkonsumsi camilan atau minuman seperti susu ketika sudah dekat jam makan mereka. Aturlah agar pola memberikan anak makan dan camilan punya tenggang waktu yang berbeda cukup jauh. Ini guna menghindari anak merasa kenyang  ketika sudah waktunya makan.
  • Jika perlu sebaiknya bunda harus dengan rajin dan kreatif membuat makanan yang menarik selera makan anak. Bisa dengan mengkreasikannya pada bentuk makanan yang unik, lucu yang disukai anak-anak. Bisa juga dengan membuat makanan yang rasanya bisa membuat anak suka dengan sajian makanan yang diberikan oleh bunda.
  • Hal yang tidak kalah pentingnya dan dapat membuat anak berselera makan yaitu suasana nyaman saat makan. Ciptakan suasana menjadi menyenangkan bagi anak ketika sudah saatnya ia makan, ini berhubungan dengan fsikologis anak dan sangat berpengaruh terhadap selera makannya.
  • Pola makan teratur harus diterapkan secara konsisten, artinya jangan cuma dilakukan untuk 1 bulan saja. Tetapi bunda harus dengan disiplin menerapkan pola makan teratur pada anak secara terus menerus. Makan tidak hanya untuk membuat perut anak menjadi kenyang, tetapi hal paling penting dari makan anak adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi, protein, dan vitamin bagi mereka agar bisa tumbuh sehat dan cerdas.
  • Baik sekali apabila kedua orang tua bisa mengajak anak makan bersama sesering mungkin, agar anak bisa merasakan kehangatan dan kebersamaan serta merasa nyaman ketika acara makan bareng dengan ayah dan bundanya. Paling tidak ajak anak makan bareng keluarga seminggu sekali jika orang tua memang sangat sibuk.
  • Libatkan anak dalam kegiatan membuat ide makan, sepeti menanyakan kepada anak mau makan apa hari ini? atau jika mungkin bunda mengajaknya ikut memasak. Dengan begitu anak bisa lebih bersemangat dan mau menghabisakan makanannya sebab hatinya merasa senang.
  • Sangat tidak disarankan untuk memaksa anak makan dengan porsi yang banyak, ketika ia tidak mau lagi menghabiskan makanan yang diberikan. Kondisi memaksa seperti ini justru akan menjadikan anak beranggapan bahwa jam makan adalah saat yang tidak menyenangkan baginya, sebab anak selalu merasa dipaksa.
Demikian beberapa tips cara memberikan makanan untuk anak usia 3 tahun. Hal terpenting adalah bunda harus tau betul apa yang disukai anak. Buatlah variasai makanan agar anak tidak merasa bosan, dengan makanan yang hanya itu-itu saja setiap harinya. Biasakan anak makan pada jam makan yang sudah ditentukan. Buatlah pola makan secara teratur dan tentunya cara ini harus diterapkan secara disiplin.