Friday, July 26, 2013

Perlengkapan Bayi untuk Balita Tercinta



Perlengkapan Bayi untuk Balita Tercinta. Para ibunda tentu sudah paham perlengkapan bayi adalah peralatan yang tentunya perlu dipersiapkan saat menjelang kelahiran sang bayi. Untuk pasangan suami istri memiliki bayi adalah saat yang sangat dinantikan dan pada saat hari kelahiran bayi itu sudah sangat dekat, tentunya merupakan saat yang cukup mendebarkan tetapi sekaligus menggembirakan dan membahagiakan.

Akan tetapi mungkin saja banyak dari pasangan suami istri yang belum mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran buah sang hati tercinta apalagi jika itu adalah pertama kalinya bagi pasangan suami istri memiliki momongan. Supaya anda berdua lebih siap pada saat menyambut kehadiran bayi tercinta, ada beberapa hal yang dirasa perlu untuk dipersiapkan. Diantaranya adalah mempersiapkan perlengkapan bayi yang nantinya akan digunakan untuk bayi anda setelah kelahirannya.

Perlengkapan Bayi

Beberapa Persiapan untuk Saat-saat Diakhir Kehamilan

Bayi merupakan anggota yang baru di dalam keluarga anda. Untuk itu persiapan perlu anda lakukan sejak awal. Seperti mempersiapkan nama, kamar tidur bayi, perlengkapan bayi, dan banyak lagi hal lain yang perlu dipersiapkan setelah bayi lahir. Persiapan untuk bayi akan dilakukan pada saat trimester terakhir dari sebuah kehamilan. Sebab pada saat modern ini jenis kelamin bayi yang sedang anda di dalam kandungan sudah bisa diketahui, apakah itu bayi laki-laki atau perempuan. Sehingga perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk dibeli bisat disesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Anda juga harus mengetahui apa-apa saja perlengkapan bayi yang perlu dibeli dan yang tidak perlu. Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Perlengkapan bayi yang paling pokok diperlukan bayi adalah pakaian. Diawal masa kelahirannya, bayi biasanya hanya membutuhkan popok, sebab intensitas buang air kecil dan buang air besarnya yang masih sangat sering. Untuk itu anda perlu membeli popok dalam jumlah yang banyak tentunya. Minimal dua lusin, untuk mengantisipasi supaya tidak kehabisan popok, apalagi jika musim hujan. Selain itu perlu membeli baju bayi, baik lengan panjang atau pendek bahkan yang tanpa lengan. Untuk baju bayi, bagusnya tidak perlu membeli dalam jumlah yang terlalu banyak. Sebab pertumbuhan bayi biasanya angat cepat sekali dan penggunaannya juga tidak sesering seperti penggunaan popok.

Perlengkapan bayi lainnya yang perlu dipersiapkan adalah Bedong Flannel, fungsinya untuk menghangatkan bayi dan bukan untuk meluruskan kaki sang bayi. Selain itu kaos tangan untuk menghindari kuku bayi yang belum dipotong supaya tidak menggores wajah bayi. Keudian gendongan bayi, baik gendongan yang instan ataupun gendongan dari kain yang panjang. Ibu juga tentunya memerlukan perlak supaya air kencing bayi tidak menembus ke dalam kasur. Perlak bisa dibeli dalam bentuk meteran jika anda ingin tetap bisa menggunakan perlap tersebut sampai bayi besar. Lalu perlengkapan bayi penting lainnya yaitu kojong atau kelambu yang berfungsi untuk melindungi bayi anda dari gigitan nyamuk atau serangga lain saat bayi tidur. Berikutnya, anda perlu mempersiapkan perlengkapan mandi untuk bayi. Seperti handuk, waslap, ember, sabun, dan shampoo, dll.

Beberapa Hal yang Tidak perlu dipersiapkan

Ada beberapa perlengkapan bayi yang biasanya dipersiapkan akan tetapi dengan alasan kesehatan ternyata hal itu tidak perlu dan tidak sangat penting, seperti gurita, bedak, dot, dan sit baby walker. Karena begitu banyak perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan. Tentunya tidak perlu membeli dalam satu waktu saja . Anda dapat membelinya bertahap. Supaya anda tidak merasa begitu terbebani dengan biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli semua perlengkapan bayi tersebut.

Berikut dibawah ini adalah daftar belanja yang bisa digunakan oleh anda pada saat akan membeli perlengkapan bayi:

1. Pakaian Bayi Baru Lahir
  • 6-8 buah untuk masing-masing jenis baju bayi lengan panjang, pendek, dan tanpa lengan.
  • 10-12 buah untuk masing-masing celana panjang dan celana pendek.
  • 10-12 buah kain bedong untuk menghangatkan tubuh bayi yang baru lahir, karena biasanya hanya dipakai sampai bayi berusia 2 atau 3 minggu.
  • 10-12 buah popok kain (sebaiknya membeli popok kain yang bisa dicuci ulang).
  • 6-8 buah gurita (mencegah pusar bayi yang baru lahir agar tidak menonjol keluar).
  • 6-8 pasang kaus kaki dan sarung tangan (mencegah bayi agar tidak mencakar wajahnya).
  • 3 buah celemek (bibs) untuk menjaga baju bayi agar tidak basah terkena air liurnya saat sedang disusui.
  • 1-2 buah sweater.
  • Gantungan atau hanger baju bayi.
  • 1-2 buah baju bayi dengan kancing jepret, Snap Tee untuk bepergian.

2. Perlengkapan Tidur Bayi
  • 2-4 buah selimut bayi sebaiknya berbahan handuk, flanel, dan lain sebagainya.
  • Bantal guling bayi yang disesuaikan dengan usianya.
  • Bantal untuk kepala bayi.
  • 2-3 buah perlak sebagai lapisan alas tempat tidur bayi agar ompol bayi tidak meresap.

3. Perlengkapan Mandi Bayi
  • 4-5 buah baby washlap untuk membersihkan badan dan kotoran bayi (sebaiknya harus dipisah washlap untuk mandi dan bersihkan kotoran).
  • Sabun, shampoo, baby oil, minyak telon, bedak tabur, baby lotion, hair baby oil, tisu basah, dan lain sebagainya.
  • Cotton bud, kain kasa, kapas, tisu, alkohol untuk membersihkan bekas tali pusar bayi yang baru lahir.
  • 2-3 buah handuk mandi bayi.

Nah itulah tips saya kali ini, mengenai apa saja perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran ataupun sesudah bayi tercinta anda lahir. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.