-->

Tips Mensterilkan Botol Susu Bayi

Tips Mensterilkan Botol Susu Bayi. Sebagai orang tua, anda harus memperhatikan peralatan bayi. Sebab hal itu sangat penting untuk mengingat pada masa di tahun pertama saat kelahiran bayi, sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Imunitas tubuh bayi tentu saja tidak dapat disamakan dengan kekebalan seperti pada orang dewasa. Oleh karena itu ada beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri juga parasit yang nantinya akan menempel pada peralatan bayi yang tidak bersih atau tisak steril.

Dari sekian banyak peralatan bayi yang paling akrab bersentuhan langsung dengan mulut sang balita yaitu botol susu. Nah, botol susu ini dapat dipilih sesuai dengan umur bayi anda. Ini untuk memudahkan adaptasi yang dilakukan oleh mulut bayi. Untuk anda yang memilih botol plastik, sebaiknya perhatikan jenis plastiknya, dan harus dipastikan jenis plastik tersebut tidak berbahaya untuk bayi. Usahakan selalu memilih jenis plastik yang sesuai untuk botol susu bayi.

Polypropylene atau PP, kedua product itu dinilai merupakan peralatan bayi paling aman apabila dilihat dari unsur bahan kimia yang digunakan pada peralatan tersebut. Untuk menentukan jenis plastiknya itu, kita dapat melihatnya pada kode yang tertera di botol susu bayi yang anda beli. Selain harus memperhatikan jenis bahan plastik yang digunakan dalam botol susu bayi, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan cara mensterilkan botol susu bayi.


Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mensterilkan botol susu bayi
    Tips Mensterilkan Botol Susu Bayi
  • Metode Perebusan. Ketika anda memilih untuk mensterilkan botol susu bayi dengan cara merebus yang harus perhatikan terlebih dahulu adalah jenis plastik botol bayi karena jenis Polikarbonat (PC) akan melepaskan residu senyawa kimia apabila direbus. Plastik jenis ini akan melepaskan residu yang berbahaya bagi kesehatan bayi anda yaitu jenis bisfanol yang akan membahayakan sistem hormon tubuh. Apabila jenis plastik botol susu anda memang aman untuk dilakukan strelisasi dengan cara perebusan maka hal yang dapat anda lakukan adalah dengan menyediakan panci besar dengan penutupnya. Isi panci dengan air secukupnya yaitu ketika botol susu bayi sudah tenggelam di dalam panci tersebut. Pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam botol dan dot, kemudian tutup panci dan didihkan kurang lebih 10 menit.
  • Mengunakan Microwave. Banyak botol susu bayi dapat disterilisasi menggunakan microwave. Hanya dibutuhkan waktu 90 detik untuk mensterilkan botol susu bayi anda dalam menggunakan microwave. Jangan menutup botol susu selama melakukan sterilisasi microwave karena tekanan dapat terjadi di dalamnya.Hati-hati saat melepas tutup microwave pada saat strealisasi uap karena masih menyimpan panas setelah strealisasinya. Keuntungan utama dari sterilisi microwave adalah tidak ada bau atau rasa tersisa setelah metode ini. Selain itu jika anda dapat menyimpan dengan cara yang tertutup akan membantu dalam menjaga botol susu anda dalam keadaan steril selama 3 jam.
  • Metode Air Dingin. Anda dapat membeli peralatan sterilisasi khusus untuk sterilisasi air dingin atau anda dapat menggunakan wadah plastik dengan tertutup. Jika Anda menggunakan ember atau wadah untuk menstrerilkan botol susu periksa bahwa peralatan yang anda gunakan bersih. Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah tidak ada gelembung udara yang tersisa di botol dan menjaga semuanya terendam selama minimal 30 menit untuk mensterilkan secara optimal. Bagi anda yang akan mensterilkan botol susu hal yang penting yang terkadang luput dari perhatian anda adalah kebersihan tangan anda kemudian alat alat yang akan digunakan seperti sikat botol dan juga cara membilasnya, pastikan deterjen yang anda gunakan bersih dan tidak membekas di botol susu.

Demikian topik saya pada posting kali ini, mengenai bagaimana cara mensterilkan atau membersihkan botol susu bayi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda, terutama untuk para ibunda yang mempunyai anak balita. Baca juga artikel lainnya seperti Cara Memilih Perlengkapan Bayi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mensterilkan Botol Susu Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel