Cara Mengatasi Stress Saat Ibu Hamil

Cara mengatasi stress saat ibu hamil penting dilakukan. Stress merupakan kondisi otak yang tentu sangat tidak menyenangkan untuk siapapun. Namun tidak jarang kondisi stress ini justru dialami setiap hari oleh mereka yang biasanya bekerja di bawah tekanan. Stress selalu membuat perasaan menjadi sangat terganggu dan tidak enak dan ini dapat dialami oleh setiap orang termasuk pleh ibu yang sedang hamil.

Pada wanita hamil yang mengalami stress, kondisi tersebut berpotensi dapat membahayakan bayi yang sedang dikandungnya, seperti bisa mengakibatkan keguguran. Oleh sebab itu, hal yang sangat penting bagi ibu yang sedang hamil sangat disarankan agar bisa menjaga kondisi emosional. Bagi ibu hamil penting untuk berusaha menghindari rasa stress. Meskipun pada saat terjadinya perubahan serta gangguan seperti pada trimester pertama dan kedua kehamilan, hal itu biasanya memang bisa menimbulkan rasa stress pada ibu hamil.


Beberapa Cara Mengatasi Stress Saat Hamil
mengatasi stressMendekatkan Diri Dengan Ibadah Dan Berdoa. Melakukan kegiatan ibadah rutin yang diwajibkan oleh agama, serta berdoa memohon kepada Allah SWT, agar kondisi ibu yang sedang hamil mendapat ketenangan pikiran dan tubuh yang sehat merupakan faktor penting yang mampu membantu mengatasi ketenangan pikiran sehingga bisa terhindar dari beban pikiran yang dapat menimbulkan rasa stress.

Bersantai Ria Dengan Keluarga

Luangkan waktu anda untuk bersantai seperti bercengkrama bersama anggota keluarga, carea ini dapat mengurangi rasa stress saat hamil. Bisa juga dengan bertamasya atau pergi tempat yang memiliki pemandangan indah serta udara segar, hal tersebut juga dapat membuat pikiran ibu menjadi lebih rilex dan nyaman. Saat ibu hamil, sebaiknya berusaha untuk megurangi setiap aktifitas astau kegiatan yang dapat menyita waktu, pikiran serta tenaga, sebab kelelahan merupakan salah satu faktor penyebab stress

Mengikuti Kegiatan Olah Raga Senam Hamil

Banyak sekali program kesehatan bagi ibu hamil seperti senam khusus untuk ibu hamil. Oalh raga senam ini dapat membuat aliran darah menjadi lancar, sehingga peredaran darah yang menjuju ke otak lebih lancar. Kondisi ini juga merupakan sebuah upaya bagi ibu hamil untuk mengendalikan emosianal sehingga tubuh bisa menjadi lebih santai dan pikiran tenang. Olahraga senan ini bahkan dapat membantu ibu hamil sebagai usaha memperlancar dalam mempersiapkan proses persalinan. Selain senan, ibu hamil bisa juga melakukan Yoga khusus, yang dilakukan dengan cara berbaring telentang kemudian atur nafas sehingga tubuh menjadi lebih santai dan pikiran lebih tenang.

Menghindari Stress Dengan Musik dan Aromaterapi

Masih banyak masyarakan yang mungkin belum mengetahui bahwa aroma dan musik sebenarnya dapat membantu mengatasi stress pada ibu hamil. Seperti musik-musik klasik hasil karya Mozart, Beethoven serta aroma terapi tersebut mampu membantu meningkatkan dampak yang lebih positif terhadap pikiran yang lelah atau sedang terganggu. Selain itu musik klasik dan aroma terapi mampu memberikan efek positif yang lebih untuk kesehatan janin.

Istirahat Yang Cukup

Ada saatnya ibu hamil melupakan masalah istirahat yang cukup. Padahal dengan berusaha agar setiap hari mendapatkan waktu istirahat yang cukup bisa membantu menjaga kondisi tubuh serta membantu agar kondisi pikiran menjadi rilex dan lebih tenang. Sebab kondidi kurangsaat hamil dapat memicu stress yang disebabkan hormon kortisol meningkat yang sering menimbulkan emosi seperti mudah marah dan tersinggung.

Kondisi Tenang Dengan Pijat Relaksasi

Pijat relaksasi ini juga bisa dilakukan sebagai usaha untuk membuat tubuh serta pikiran agar lebih santai. Namun ibu hamil harus selektip dalam memilih pijat relaksasi ini, dan harus dilakukan orang ahli pijat relaksasi untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan.

Berusaha Untuk Selalu Bersifat Terbuka

Sikap keterbukaan perlu dilakukan pada ibu hamil yang sedang dihadapkan pada berbagai masalah. Seperti membicarakan masalah yang sedang dialami dengan sodara atau anggota keluarga yang lain. Sebab sikap terbuka ini sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Ibu hamil biasanya sering merasa khawatir dengan kondisi kandungannya. Untuk itu sebaiknya berbagi saran dan nasehat dengan ibu lain yang sudah berpengalaman bisa membantu mengurangi beban pikiran karena rasa khawatir tersebut.

Lakukan komunikasi yang baik atau diskusi dengan suami, keluarga atau dengan dokter ahli kandungan mengenai masalah yang sedang dialami. Sebab stress pada ibu hamil dapat memicu kondisi yang kurang pada bagi, untuk itu sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan kesehatan ibu serta janin dalam kandungan. Pemeriksaan rutin yang dilakukan tersebut juga dapat membantu ibu hamil merasa lebih santai sehingga tidak begitu khawatir pada kondisi janin dalam kandungan.