-->

Cara Memperkenalkan Makanan Untuk Bayi

Cara memperkenalkan makanan untuk bayi berusia 6 bulan. Pada saat bayi tercinta anda memasuki fase baru dalam pertumbuhannya memasuki usia enam bulan bayi sudah mulai dapat menerima makanan pendamping ASI. Karena pada usia tersebut sistem pencernaan anak balita anda sudah cukup sempurna dan dapat menerima asupan nutrisi selain ASI.

Tanda pada fisik bayi yang sudah dapat menerima makanan pendamping asi yaitu pada kekuatan kepalanya, dimana kepala bayi sudah mulai stabil mampu dalam posisi tegak. Ciri lainnya adalah kemampuan saat menyimpan makanan di dalam mulut bayi yang kemudian ditelan. Selain itu bayi juga biasanya sudah mampu duduk meski dengan cara bersandar, dengan posisi yang tegak akan lebih baik serta akan memudahkan bayi pada saat menelan makanan.

Tips Memperkenalkan Makanan Pada Bayi

Berikan Makanan Sederhana. Bagi anda yang akan memperkenalkan makanan pendamping asi sebaiknya diberikan dengan makanan yang sederhana seperti bubur saring tanpa garam atau gula. Meskipun anda meraskan bahwa hal itu adalah kurang menambah selera makan akan tetapi bagi bayi anda tidak menjadi masalah dikarenakan bayi anda belum mengenal rasa.

Berikan Makanan Secara Teratur. Ketika anda memperkenalkan makanan pendamping ASI sebaiknya berikan dalam porsi yang kecil dan frekuensi yang disesuaikan dengan pertambahan usianya. Pada pertama kali anda memberikan makanan pendamping asi dapat dengan dua atau tiga sendok teh, hal yang harus anda perhatikan adalah kualitas makanan dimana mencukupi kebutuhan gizi harian bayi anda.

makanan-bayi-6-bulan

Perhatikan Jenis Makanan Penyebab Alergi. Bagi anda yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan sebaiknya sangat memperhatikan konsumsi makanan pendamping asi pada bayi anda. Anda dapat memperkenalkannya dalam porsi yang sedikit dan sebaiknya tidak dicampur dulu dengan bahan bahan lain sehingga mengetahui dengan pasti makanan yang menyebabkan alergi. Misalnya anda dapat memberikan telur pada bubur saring bayi anda apabila mengalami alergi sehingga penyebab utamanya adalah alergi telur.

Berikan Bayi Makanan Berupa Sayuran

Memperkenalkan makanan sayuran sejak dini pada bayi direkomendasikan, agar saat menginjak usia anak-anak nanti terbiasa menyukai sayuran. Makanan seperti buah buahan memiliki rasa yang manis dan dapat secara mudah diterima oleh bayi, sedangkan rasa sayur yang rasanya hambar yang terkadang agak sulit jika diberi makan sayuran. Namu anda harus berusaha memperkenalkan bayi untuk makan sayuran sambil diselingi jus buah buahan.

Berikan Jus Buah Pada Bayi

Bayi dapat anda berikan buah buahan yang telah dibuat dalam bentuk jus agar makanan lebih lunak dan mudah dicerna, tetapi juga jangan terlalu sering, karena bisa menyebabkan selera makan bayi anda. Sebaiknya hindari penggunaan gula atau pemanis.

Jangan memberikan madu terlebih dahulu

Madu kurang baik jika diberikan pada bayi yang baru berusia 6 bulan, sebab pemberian madu diberikan sebaiknya saat usia bayi berusia satu tahun, kandungan yang terdapat di dalam madu yaitu sejenis bakteri yang dikenal dengan istilah toksin botulinnum dikhawatirkan karena justru nantinya dapat menggangu saluran cerna pada bayi yang baru berusia 6 bulan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel