Faktor Penting Agar Anak Sukses

No Comments
Faktor Penting Agar Anak Sukses. Siapapun orang tuanya, tentu menginginkan anak-anaknya menjadi orang sukses ketika mereka dewasa. Bisakah harapan itu diwujudkan? Jawabannya tentu saja bisa, dan sangat mungkin. Memang itu bukan pekerjaan yang mudah untuk para orang tua, tetapi juga bukan hal yang sulit jika memang orang tua mempunyai keinginan keras agar anak-anaknya menjadi orang sukses dan berbudi pekerti yang terpuji di mata masyarakat.

Mungkin ada yang salah pada kita sebagai orang tua dalam cara mendidik anak, jika ternyata setelah dewasa mereka tidak sukses seperti yang diharapkan. Di satu sisi kita mengharapkan anak agar sukses, tapi sayangnya harapan itu hanya sebuah keinginan saja dan tidak benar-benar diwujudkan dalam bentuk yang nyata. Mungkin itulah diantaranya yang menjadi alasan kenapa orang tua gagal dalam mensukseskan putra putrinya. Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh orang tua? Ada beberapa hal yang tidak boleh dianggap remeh atau dispelekan, sebab ini yang kadang banyak terjadi pada realitanya.

Apa Saja Faktor Penting Yang Menjadikan Anak Sukses

    anak sukses
  • Pertama, perhatikan anak anda. Perhatikan dengan cermat dan teliti semua tentang putra putri anda. Dari mulai apa yang mereka senangi sejak kecil, apa bakat dan kelebihan anak sejak masih usia dini.
  • Perhatikan seperti apa karakter, watak dan kepribadian anak. Apakah pendiam, pemarah, pemalu bahkan mungkin minder.
  • Perhatikan pelajaran apa yang anak anda sukai sejak duduk di bangku sekolah dasar.
  • Perhatikan dengan siapa anak anda lebih sering bergaul, baik bermain langsung, ataupun berhubungan lewat handphone atau sarana yang lainnya.
  • Perhatikan juga apa kekurangan dan kelemahan yang dimiliki anak anda.
Setelah mengetahui dengan benar semua faktor yang saya jelaskan di atas, kemudian buatlah keputusan untuk melakukan sesuatu untuk anak anda sesuai dengan hasil yang didapat tersebut.

Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua?

  • Jika anda bisa melihat apa yang anak anda senangi, dan anda tahu apa bakat anak tersebut. Mulailah mengarahkan anak untuk mengenal lebih jauh tentang bakat yang ia miliki. Misalnya ia senang olahraga sepak bola. Berikan semangat dan perlihatkan contoh sosok orang yang berhasil dan sukses menjadi pemain sepak bola. Lalu berikan waktu extra untuk anak berlatih sepak bola.
  • Jika anda melihat anak adalah seorang pendiam, pemarah, pemalu atau bahkan minder. Segera lakukan pendekatan untuk mengarahkan anak dan memberikan pengertian yang benar agar sejak dini mereka bisa belajar untuk memperbaiki apa saja yang perlu di perbaiki dan diarahkan sejak anak masih kecil. Lakukan itu secara rutin pada anak.
  • Apabila anda melihat anak menyukai salah satu pelajaran di sekolahnya, contoh ia menyukai pelajaran Agama. Maka yang anda harus lakukan, masukan ia ke sekolah yang lebih banyak mempelajari keagamaan, seperti Pesantren misalnya.
  • Bila anda melihat dan memperhatikan anak anda bergaul dengan anak-anak yang berakhlak kurang baik. Segera tegur, berikan pengertian sehingga anak memahaminya bahwa itu tidak baik baginya. Lalu putuskan untuk melarang anak tidak lagi bergaul dengan mereka. Perlu diingat, pergaulan cenderung 75% mempengaruhi cara berpikir, watak dan karakter serta kepribadian anak sejak mereka masih kecil.
  • Jika anda melihat kekurangan dan kelemahan pada anak anda. Misalnya ia sulit sekali dengan pelajaran matematika atau pelajaran berhitung. Maka hal yang perlu anda lakukan sejak dini adalah membimbing anak setiap hari sedikit demi sedikit memberikan jam khusus buat anak untuk mempelajari tentang berhitung dirumah. Atau jika anda mampu, memasukan anak ke tempat kursus matematika yang di pelajari sebagai belajar extra diluar sekolah.
Demikian beberapa faktor penting yang harus diperhatikan pada putra putri anda sejak mereka masih kecil. Supaya sejak dini orang tua mampu memperbaiki segala kekurangan dan kelemahan yang terjadi pada anak. Kesibukan selalu menjadi alasan untuk tidak sempat melakukan semua itu, tapi kita harus ingat. Apalah artinya semua harta dan kekayaan yang kita kumpulkan dan kita miliki, jika anak yang kita harapkan menjadi orang sukses malah sebaliknya. Sempatkanlah dan sisihkan waktu serta perhatian anda untuk anak secara rutin, sesibuk apapun pekerjaan anda. Toh bukankah anda bekerja dan semua usaha yang anda lakukan juga tujuannya buat anak dan keluarga.

Belum ada yang terlambat, lakukan itu dari sekarang jika anda sebagai orang tua belum melakukannya. Anak adalah titipan yang harus kita jaga dengan baik, dan orang tua harus tau cara mendidik anak yang benar agar menjadi manusia yang beriman, berakhlak sholeh, berbudi pekerti yang baik, cerdas dan juga sukses serta berguna bagi orang lain. Perhatian adalah hal paling penting dari segalanya untuk menciptakan perkembangan mental dan spiritual anak sejak mereka masih kecil.