-->

Meningkatkan Ketaqwaan Anak Di bulan Ramadhan

mendidik-anak-sabar
Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Bulan yang penuh rahmat, berkah dan pengampunan.

Karenanya sebagai orang tua, mari di bulan suci Ramadhan ini bersama-sama kita isi dengan beragam kegiatan ibadah guna meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah.

Salah satunya dengan meningkatkan dedikasi kita dalam hal mendidik anak. Supaya mereka lebih giat dalam melaksanakan perintah agama.

Sebagai bentuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan amal ibadah sambil berpuasa agar ia terbiasa.

Jangan dibiarkan anak terus terusan tidur dan bermalas malasan saat berpuasa. Karena nantinya hal tersebut akan menjadi kebiasaan buruk bagi anak.

Membuatnya terbiasa menjadi orang yang bermalas-malasan setiap kali ia menjalankan ibadah puasa.

Berikan pengertian yang bisa diterima anak, bahwa berpuasa bukan alasan untuk mengurangi setiap kewajiban yang harus dilaksanakan setiap hari.

Justru dengan tetap melakukan segala kewajiban sambil berpuasa itulah, yang akan melatih kesabaran anak sejak kecil.

Kalau mau lulus itu kan harus ikut ujian dulu, jadi bagaimana bisa lulus ujian kalau waktu berpuasa malah kebanyakan tidur atau bermalas malasan.

Berikan pengertian dengan tutur kata yang halus, sehingga anak dapat mengerti apa makna dan tujuan dari melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Belajarkan anak untuk selalu mengisi waktu selama berpuasa dengan meningkatkan kegiatan ibadah dan ketaqwaan.

Selain memperoleh pahala yang besar, juga akan mampu melatih anak menjadi pribadi yang sabar, disiplin, dan penuh tanggung jawab.

Oleh sebab itu, alangkah bijak jika orang tua bisa memberikan tauladan atau contoh yang baik secara nyata agar anak tidak hanya mendengar saja.

Karena dengan melihat setiap amal ibadah yang dilakukan oleh orang tua mereka. Justru hal tersebut akan memberi mereka pandangan yang baik secara langsung. Jauh lebih baik daripada sekedar hanya menasehatinya saja.

Mengajak anak sambil memberikan contoh secara langsung, merupakan cara yang sangat bijaksana. Dengan demikian insyaalloh anak akan meneladani. Sehingga apa yang diharapkan oleh orang tua dari anaknya bisa terwujud.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Meningkatkan Ketaqwaan Anak Di bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel