Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan

No Comments
Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan. Tidak sedikit anak bayi yang memang sangat sulit sekali untuk makan. Hal ini tentu saja akan sangat membuat ibunda khawatir terhadap kesehatan bayinya. Padahal makanan sangat penting untuk perkembangan otak dan pertumbuhan bayi di masa balita. Mungkin sudah banyak cara yang dilakukan oleh ibu agar anak bayi kesayangan mau makan dengan lahap. Berbagai tips juga mungkin sudah coba dilakukan untuk membuat makanan disukai anak balitanya. Tetapi jangan sampai salah dalam hal memberi makan bayi, sebab kesalahan tersebut bisa membuat anak tidak mau makan dan itu tentunya akan menjadi tidak baik untuk kesehatan anak balita ibu. Berikut ini adalah beberapa cara dan tips untuk mengatasi anak bayi yang susah makan.

Coba perhatikan, makanan apa yang paling disukai anak atau bayi Anda dan buatlah variasi menu yang menarik dan tentu saja tanpa mengabaikan kebutuhan akan kandungan gizinya. Jika ada jenis makanan yang tidak dia sukai, tunda saja pemberiannya dalam beberapa hari, kemudian berikan lagi padanya. Perlu diingat bahwa anak biasanya sangat menyukai sesuatu yang terlihat lucu dan menarik. Karena itu, buatlah makanan yang bisa menarik perhatiannya. Misalnya, menaburi roti dengan meses yang berwarna-warni atau buatlah kue dengan bentuk binatang atau buah-buahan. Namun jangan menyajikan makanan pada anak atau balita dengan menu yang itu itu saja. Ini tentu saja bisa membuat anak menjadi bosan, walaupun tadinya dia sangat menyukai makanan itu. Sekali-kali beri anak kesempatan untuk memilih makanan yang dia inginkan, walau makanan yang anak pilih mungkin tidak terlalu bergizi. Dukung anak Anda menyantap makanan yang dipilihnya karena nanti Anda bisa membuat variasinya dengan tambahan gizi yang cukup.

Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan
    Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan
  • Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal makannya. Buatlah jadwal makan terbaik dan sesuai dengan kondisi bayi, kemudian upayakan untuk terus mematuhinya. Dengan demikian, bayi akan mengenal rasa lapar saat waktu makannya tiba dan proses pemberian makan pada bayi akan menjadi lebih mudah.
  • Siapkan air putih yang matang. Bisa di simpan dalam mangkuk kecil untuk disendoki nantinya, di dalam gelas atau bisa juga cangkir untuk diberikan langsung kepada bayi. Penggunaan gelas biasa akan lebih membantu bayi untuk melatih keterampilan minumnya daripada memberikan air dalam gelas bermoncong.
  • Ciptakan suasana makan yang cukup menyenangkan dan relaks untuk bayi. Misalnya, dengan memutar lagu-lagu bernada lembut. Lebih baik lagi bila sirkulasi udara di tempat bayi makan berjalan dengan baik sehingga dia tidak merasa gerah. Anda juga bisa membuat suasana makan di dalam rumah dengan senyaman dan sesantai mungkin. Bebas dari suara-suara yang bising. Atau ajak anak untuk makan di tempat yang paling disukainya. Lalu biarkan saja anak Anda menghabiskan makanannya sesuai dengan keinginannya karena setiap anak punya selera makan sendiri. Apabila anak atau bayi sudah merasa kenyang, dia akan berhenti sendiri. Tidak usah kita mengatakan ‘Habiskan semua makananmu’ atau ‘Ayo tambah lagi makannya’. Kata-kata seperti itu akan menjadi beban bagi anak atau balita. Kenikmatan makannya akan hilang dengan adanya kalimat paksaan untuk menambah makanannya.
  • Jangan pernah memaksa bayi untuk menghabiskan semua makanannya. Lebih baik Anda mengikuti ritme makan bayi, supaya dia senang dan dengan sendirinya akan membuat proses pemberian makan menjadi lebih mudah.
  • Banyak hal bisa mempengaruhi ketenangan anak saat makan. Seperti televisi, walau anak Anda tidak memperhatikannya, namun bisa membuat bingung. Selera makannya bisa saja hilang atau mungkin berkurang. Intinya, pada saat anak Anda makan, usahakan agar pandangan anak jangan sampai terpaku dan fokus pada satu hal saja. Untuk mendukung kondisi yang tenang, biarkan saja dia makan bersama boneka ataupun mainan yang menjadi kesayangannya, dengan catatan anak Anda tetap mau makan. Boneka dan mainan kesayangannya hanya untuk membuatnya diam saat dia makan. 
  • Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal makannya. Buatlah jadwal makan terbaik dan sesuai dengan kondisi bayi, kemudian upayakan untuk terus mematuhinya. Dengan demikian, bayi akan mengenal rasa lapar saat waktu makannya tiba dan proses pemberian makan pada bayi akan menjadi lebih mudah. 
  • Berkaitan dengan jadwal makan diatas kita juga sebagai orang tua sering melakukan kesalahan dengan memaksa anak untuk segera makan. Kita sering menyediakan makanan untuk anak atau bayi tepat waktu. Padahal, pada saat itu mungkin anak atau bayi belum mau makan. Saat sarapan pagi misalnya, kita sering langsung memberi makanan sesudah anak selesai mandi. Padahal, sebagian anak atau bayi perlu waktu untuk sekedar membangkitkan selera makannya. Cobalah untuk mengenali waktu lapar anak dengan memberinya sedikit makanan ringan terlebih dahulu. Jika saat itu anak makan dalam jumlah yang cukup besar, berarti dia benar-benar merasa lapar. Lakukan hal seperti itu selama beberapa hari untuk menguji apakah itu merupakan kebiasaannya atau bukan. Jangan sampai kita samakan waktu makan anak dengan waktu makan orang dewasa.
  • Tambah semangat makannya dengan menempatkan makanan bayi dalam sebuah piranti mempunyai bentuk yang menarik perhatian bayi dengan gambar lucu. Pilih alat makan yang dirancang khusus untuk bayi agar aman dan tidak melukai mulut bayi. 
  • Kebanyakan anak dan balita biasanya makan dengan ritme yang lambat. Kita kadang dibuatnya kesal dan tidak sabar. Kita juga kadang menganggap kita anak malas dan makannya hanya main-main saja. Sebetulnya, walaupun lambat asalkan makanannya habis merupakan hal yang baik untuk anak. Apalagi ketika dia mulai mau belajar makan sendiri. Biarkan saja jika makanannya berantakan atau berserakan di mana- mana. Hargailah bahwa itu adalah cara seorang anak atau balita saat makan. Jadi, berikan dia waktu agar anak Anda bisa menyelesaikan makannya.
  • Karena kita harus memikirkan segala kemungkinan seperti merasa anak bosan terhadap suatu makanan. Berarti kita juga harus mempersiapkan menu Mainan Untuk Bayi Cerdas. Lengkapi semua kebutuhan Bayi Anda, temukan semuanya di berniaga.com! makanan lain sebagai cadangan. Selain menghindari kejenuhan dan kebosanan, makanan cadangan membantu memberi kesempatan pada anak Anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Pilihan makanan seperti ini harus mempunyai kualitas gizi yang kurang lebih sama. Menu makanan anak juga memang seharusnya divariasikan. Kebanyakan para ibu biasanya menyajikan buahbuahan ataupun sayur-sayuran hanya yang itu itu saja sesuai dengan selera mereka. Ingat, jangan sekali-kali Anda beranggapan bahwa anak atau balita menyukai makanan yang Anda suka. Dan juga jangan sampai beranggapan bahwa makanan yang Anda tidak suka, anak juga tidak menyukainya. 
  • Beri kesempatan pada bayi untuk mengambil sendiri makanannya dan biarkan dia mencoba memasukkan sendiri ke dalam mulutnya. Eksplorasi ini akan mampu mengoptimalkan keterampilannya dalam makan. Jika tubuh dan bajunya jadi kotor dan berantakan, tak perlu ngomel.
  • Dudukkan bayi di atas high chair (kursi makan khusus untuk bayi) apabila bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Pastikan dia agar aman dan nyaman duduk di atas kursinya. 
  • Ajak bayi atau anak Anda makan di meja makan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ini agar dia melihat bahwa makan merupakan acara yang menggembirakan, tidak membosankan dan melatihnya untuk bersosialisasi dengan orang lain. 
  • Hampir dalam semua hal, anak atau balita selalu memperhatikan tingkah laku orang tuanya. Orang tua menjadi teladannya. Demikian juga dalam hal makan. Dia pasti berusaha mengikuti cara orang tuanya makan.
  • Kemudian agar anak Anda mau mencoba makanan yang sudah disajikan, mintalah dia melihat kita saat makan. Katakan pada anak bahwa kue ini atau makanan ini enak sekali atau katakan saja bahwa Mama paling suka masakan ini. Tunjukkan pada anak betapa antusias kita melahap makanan. Itulah tips dan cara mengatasi anak bayi susah makan untuk para orang tua.
Itulah tips kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi anak bayi yang susah makan. Semoga tips ini bisa membantu para orang tua, terutama ibu yang mungkin sedang mencari tips dan cara supaya anak bayi tersayang mau makan dengan lahap. Mudah-mudahan trik dan tips ini bisa membantu. Baca juga tips Cara Memberikan Asi untuk Kesehatan Bayi.